Gubernur usulkan calon pelaksana tugas bupati

id alex noerdin, gubernur sumsel

Gubernur usulkan calon pelaksana tugas bupati

Gubernur Alex Noerdin (Foto: antarasumsel.com/Fenny Selli/15)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Gubernur Sumatera Selatan H Alex Noerdin telah mengusulkan sejumlah pelaksana tugas bupati, karena bupatinya akan maju mencalonkan diri kembali pada Pilkada serentak 9 Desember 2015.

Asisten Pemerintahan Pemerintah Provinsi Sumsel, Ikhwanuddin di Palembang, Selasa mengatakan, gubernur memang telah megusulkan pelaksana tugas bupati yang masa jabatannya telah habis dan juga akan maju pada Pilkada mendatang.

Bupati yang masa jabatannya telah habis dan akan maju kembali ikut bursa pencalonan bupati/wakil bupati pada Pilkada mendatang antara lain, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Ogan Komering Ulu Timur, Ogan Komering Ulu Selatan dan Ogan Ilir.

Itu sudah diusulkan bakal menduduki jabatan sebagai pelaksana tugas bupati, di antaranya pernah dan pejabat eselon II dengan golongan pangkat IV/b.

Sementara sebelumnya Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir dan Musirawas Utara sudah ada pelaksana tugas bupati, sehingga itu tidak lagi diusulkan walaupun kabupaten tersebut juga akan melaksanakan pemilihan kepala daerah.

Yang jelas, gubernur telah mengirimkan nama-nama calon pelaksana tugas bupati tersebut ke Kementerian Dalam Negeri dan sekarang ini pihaknya masih menunggu surat keputusannya.

Menurut dia, surat keputusan tersebut bila sudah diterima maka gubernur akan melaksanakan pelantikan.

Mengenai nama-nama calon yang diusulkan sendiri, menurut dia, pihaknya tidak mengetahui karena itu wewenang gubernur.

Yang jelas, pelaksana tugas bupati nanti yang sudah memenuhi syarat dan berpengalaman di pemerintahan, kata dia.

Pelaksana tugas bupati itu akan menjalankan roda pemerintahan setelah usai melaksanakan pemilihan kepala daerah serentak nanti, katanya.