Bupati ajak masyarakat lestarikan adat budaya

id kuryana, bupati oku

Bupati ajak masyarakat lestarikan adat budaya

Bupati OKU Kuryana Azis (Foto:antarasumsel.com/Edo Purmana)

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Bupati Ogan Komering Ulu Sumatera Selatan Kuryana Azis mengajak masyarakat di wilayah itu untuk sama-sama melestarikan adat dan budaya Indonesia, khususnya berbagai seni budaya daerah setempat.

Hal itu disampaikan Kuryana pada acara pelestarian dan pengembangan lembaga adat istiadat dan nilai budaya masyarakat Sumsel tingakat provinsi 2015 di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) di Baturaja, Selasa.

Acara yang dilaksanakan di Kecamatan Baturaja Timur ini dihadiri ratusan warga dan toko adat, tokoh agama dan tokoh pemuda Kabupaten setempat.

Bupati OKU Kuryana Azis mengatakan, adat istiadat dan budaya ini tidak lepas dari kehidupan masyarakat yang diharapkan dilestarikan dari generasi ke generasi.

Menurut dia, di OKU beragam adat istiadat dan belasan suku dan tata krama kehidupan yang harus bersatu tanpa saling membedakan.

Sementara, upaya Badan Pemerdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Sumsel ini perlu diapresiasi, kata Kuryana.

Ia menambahkan, adat dan budaya yang diwariskan nenek moyang perlu dijaga dan lestarikan.

Banyak kebiasaaan yang hilang dan dinilai kuno, seperti acara bujang gadis, pantun bersahut, acara pernikahan dan acara adat lainnya, karena mulai tergerus budaya asing dan ikut-ikutan perkembangan moderen yang melupakan adat budaya, katanya.

Untuk itu, bupati mengajak para orang tua memberikan pengajaran menyangkut adat. Sejarah adat dan budaya jangan sampai hilang, generasi muda ajak duduk bersama melalui lembaga adat atau melalui orang tua masing-masing untuk melestarikan adat dan budaya yang ada.

Dinas terkait juga harus peka mengaggarkan untuk pengembangan adat istiadat dan budaya, katanya.