Legislator: kabupaten perlu tambahan sarana air bersih

id dprd, dprd sumsel

Legislator: kabupaten perlu tambahan sarana air bersih

Anggota DPRD Sumsel, Efrans (Foto: antarasumsel.com/Susilawati/15)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Anggota Komisi IV DPRD Sumatera Selatan menyatakan hampir seluruh kabupaten dan kota di provinsi itu masih perlu penambahan sarana air bersih guna memenuhi kebutuhan masyarakat.

Anggota Komisi IV DPRD Sumatera Selatan Efrans Effendi di Palembang, Selasa menyampaikan hal itu terkait kunjungan kerja komisi IV tersebut ke Kementerian PU Cipta Karya.

Menurut dia, mereka melakukan kunjungan kerja ke Kementerian PU Cipta Karya, karena selama ini di Dinas PU Cipta Karya Sumsel ternyata ada UPTD dari kementerian mengenai air bersih.

Karena itu, pada saat pertemuan dengan kementerian tersebut pihaknya meminta supaya pemerintah pusat untuk menggelontorkan dana pembuatan sarana air bersih ke kabupaten dan kota di Sumsel, katanya.

Ia menyatakan, tentunya dari pertemuan itu nantinya akan ditindaklanjuti di Sumsel, karena mungkin ada usulan kabupaten/kota mengenai air bersih.

"Sebenarnya kalau melihat progres dari Kementerian PU Cipta Karya rata-rata setiap kabupaten dan kota di Sumsel harus ditambah semua untuk air bersih atau PAM tersebut," ujarnya.

Ia mengatakan, memang selama ini air bersih itu sudah ada yang dikelola oleh pemerintah daerah, hanya saja pihaknya tetap meminta bantuan untuk pembuatan lagi atau penambahan dari kementerian tersebut.

"Kita minta setiap kabupaten dan kota di Sumsel ini supaya ditambah lagi untuk air bersih ini," tutur wakil rakyat itu.

Ia mencontohkan, Ogan Komering Ilir, Ogan Komering Ulu Timur masih kurang untuk sarana air bersih kemudian Banyuasin, jadi sebenarnya hampir seluruh kabupaten dan kota di Sumsel.

"Selain Kota Palembang, kita minta dukungan sarana air bersih itu," katanya.