Atlet biliar andalan Sumsel absen di Porwil

id biliar, atlet biliar

 Atlet biliar andalan Sumsel absen di Porwil

Atlet bilyar Sumatera Selatan Hekta Ahmad (abu-abu garis)tengah melakukan latihan persiapan Pra PON (Foto Antarasumsel.com/Feny Selly)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Dua pebiliar andalan Sumatera Selatan Hekta Ahmad dan Herowanto terpaksa absen pada ajang multi cabang olahraga Pekan Olahraga Wilayah di Bangka Belitung, November 2015, karena nomor spesialisasi tidak dipertandingkan tuan rumah.

Ketua Harian Pengurus Provinsi Persatuan Olahraga Biliar Seluruh Indonesia (POBSI) Sumatera Selatan Iwan Kurniawan di Palembang, Rabu, mengatakan kondisi ini membuat organisasinya enggan menjamin bakal memperoleh medali pada Porwil mendatang.

"Masih ada peluang dari atlet lain, tapi POBSI tidak mau menjamin. Berbeda jika Hekta dan Hero bisa diturunkan karena keduanya sudah teruji secara nasional," ujar dia.

Lantaran itu, dua atlet yang berhasil mempersembahkan medali emas pada PON XVIII di Riau pada 2012 kini difokuskan untuk mengikuti Kejurnas Biliar di Cirebon, Jawa Barat 9 Agustus 2015 yang menjadi ajang prakualifikasi PON.

"Meski Hekta dan Hero tidak ikut Porwil tapi keduanya tetap mengikuti pemusatan latihan bersama atlet Porwil yang diinapkan di wisma atlet Jakabaring Palembang," ujar dia.

Untuk Porwil, POBSI Sumsel telah memastikan akan memberikan kesempatan kedua atlet yakni Parto dan Zaldi untuk masuk kontingen daerah karena tercatat sebagai peraih emas pada Pekan Olahraga Provinsi beberapa waktu lalu.

Sementara empat atlet lainnya mengingat kuota Sumsel berjumlah enam orang, menurut Iwan, akan direkrut melalui proses seleksi daerah pada akhir Agustus ini.

"Harapannya, Sumsel menjadi yang terbaik di Porwil meski diperkuat oleh atlet-atlet muda berbakat," kata dia.

Olahraga biliar menjadi andalan Sumsel pada PON sejak kemunculan Hekta Ahmad dengan nomor andalan english pada awal tahun 2000-an.

Putra daerah Sumsel ini tercatat beberapa kali memperkuat Tim Nasional pada ajang SEA Games.