Pemprov Sumsel antisipasi kebakaran hutan

id bpbd, yulizar dinoto

Pemprov Sumsel antisipasi kebakaran hutan

Simulasi aksi pemadaman kebakaran hutan (Foto: antarasumsel.com/Fenny Selli/15)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan terus mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan dengan menurunkan tim di daerah rawan bencana saat musim kemarau sekarang ini.

Tim penanggulangan kebakaran hutan dan lahan di antaranya Manggala Agni, Badan Penanggulanga Bencana Daerah dan relawan itu melakukan apel siaga serta persiapan operasi di Palembang, Rabu.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Sumsel Yulizar Dinoto usai memimpin apel siaga kepada wartawan mengatakan, antisipasi kebakaran hutan harus dilaksanakan sejak dini supaya Sumsel tidak terjadi kabut asap.

Apalagi musim kemarau sekarang ini kebakaran hutan dan lahan cukup rawan sehingga antisipasi harus selalu diutamakan, ujar dia.

Lebih lanjut dia mengatakan, memang selama ini pihaknya rutin melaksanakan pemadaman titik api untuk mengantisipasi kebakaran lebih meluas.

Pemadaman sendiri dilaksanakan melalui hujan buatan yang rutin terutama di daerah rawan kebakaran seperti lahan gambut.

Selain itu juga dilakukan operasi darat dalam memadamkan titik api, katanya.

Memang, dalam mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan perlu dukungan bersama terutama masyarakat sekitar hutan.

Yang jelas pihaknya siap dalam mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan, ujar dia.

Dalam apel siaga tersebut juga dilakukan simulasi pemadaman kebakaran lahan dengan memaksimalkan anggota Manggala Agni dan tim lainnya.

Simulasi itu juga disaksikan pejabat yang berkaitan dengan hutan dan lahan seperti Dinas Perkebunan, Kepala Dinas Kehutanan dan lainnya.