Kementerian Pertanian bantu persawahan kekeringan

id kekeringan, persawahankekeringan

Kementerian Pertanian bantu persawahan kekeringan

Ilustrasi - sawah mengalami kekeringan akibat kemarau panjang (FOTO ANTARA)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Kementerian Pertanian siap membantu petani di Sumatera Selatan yang lahan persawahannya mengalami kekeringan akibat kemarau panjang yang terjadi sekarang ini.

Plt Kepala Dinas Pertanian,Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Sumsel, Erwin Noor Wibowo, kepada wartawan di Palembang, Rabu mengatakan, pemerintah pusat telah mencadangkan dana untuk membantu petani yang lahannya mengalami kekeringan.

"Bantuan tersebut dianggarkan melalui Dana Alokasi Khusus yang dapat dimanfaatkan dalam pembuatan waduk dan alat pengadaan air lainnya seperti pompa," ujar dia.

Dia menambahkan sekarang ini belum ada yang mengusulkan sehingga pihaknya belum mengatahui besar dana melalui Dana Alokasi Khusus tersebut.

Menurut dia Kementan terus mengantisipasi supaya persawahan di daerah ini tidak terjadi kekeringan yang dapat mengakibatkan gagal panen.

Dia melanjutkan ada beberapa hektare persawahan yang mengalami kekeringan tetapi itu tidak mengakibatkan gagal panen.

"Apalagi persawahan sekarang ini sudah ada yang memasuki panen sehingga antisipasi harus dimaksimalkan. Kami merasa optimistis program ketahanan pangan akan berhasil karena antisipasi saat kemarau sudah dimaksimalkan," tambah dia.