Sumsel siap gelar Musi Triboatton IV

id sumatera selatan, olahraga air, musi triboatton, dinas pariwisata, irene camalyn, sungai musi

Sumsel siap gelar Musi Triboatton IV

Ilustrasi - Sejumlah peserta lomba dayung perahu karet tengah memacu kecepatan pada gelaran Musi Triboatton di bantaran sungai Musi Palembang, Sumsel. (Foto Antarasumsel.com/13/Feny Sely/Aw)

....kompetisi ini dipertahankan karena berguna untuk menggugah berbagai kabupaten/kota di Sumsel untuk menjaga kelestarian Sungai Musi....
Palembang, (ANTARASumsel) - Provinsi Sumatera Selatan siap kembali menggelar kompetisi multi cabang olahraga air Musi Triboatton yang ke-4 pada 23-28 November 2015 dengan melibatkan beberapa kabupaten/kota.

Pelaksana Tugas Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Selatan Irene Camalyn di Palembang, Rabu, mengatakan, kompetisi ini dipertahankan karena berguna untuk menggugah berbagai kabupaten/kota di Sumsel untuk menjaga kelestarian Sungai Musi.

Selain itu, kompetisi ini juga menjadi peluang untuk memperkenalkan kawasan wisata di Sumsel ke dunia internasional, dan membangkitkan semangat pengembangan olahraga air.

"Para peserta akan mengarungi sungai berjarak 500 km, dalam perjalanan itu akan terlihat keindahan bentang alam Sumatera Selatan dimulai dari start di Kota Pagaralam kemudian menuju Kabupaten Empat Lawang, Kabupaten Musi Rawas, Kabupaten Musi Banyuasin, Kabupaten Banyuasin dan finis di Benteng Kuto Besak (Palembang)," kata dia. 

Pada perhelatan tahun ini, ia menerangkan, sebanyak 10 tim dari luar negeri dan 5 tim dalam negeri telah menyatakan kesediaan untuk ambil bagian pada ajang internasional tersebut.

Ajang yang mengkombinasikan olahraga air (arung jeram, kayak, dan perahu naga), menurut Irene, pada 2015 ini akan memberikan tantangan lebih berat terkait dengan rute bagi peserta lomba.

"Ini penting supaya tetap ada semangat dari peserta karena selalu ada tantangan baru," ujar dia.

Terkait dengan kesediaan dana untuk penyelenggaraan kegiatan peduli lingkungan, pariwisata, dan olahraga ini, Irene mengatakan pemprov sudah menganggarkan sejumlah dana tapi tidak sebanyak tahun sebelumnya.

"Meski ada pengurangan dana tapi pemprov menjamin bahwa pelaksanaan tahun ini tidak kalah meriah, apalagi Sumsel sudah dipercaya menjadi tuan rumah Asian Games 2018. Tentunya Musi Triboatton ini akan dimanfaatkan sebagai ajang promosi," kata dia.