Gempa 5,3 SR guncang Pulau Lombok

id gempa, pulau lombok, ntb, bmkg

Gempa 5,3 SR guncang Pulau Lombok

Ilustrasi - Gempa dan Tsunami (Foto Antarasumsel.com/BMKG)

Mataram, (ANTARA Sumsel) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat terjadi gempa berkekuatan 5,3 Skala Richter mengguncang Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat pukul 13.00 WITA, Kamis.

Lokasi gempa berada di 10.00 LS dan 115,93 BS, dengan kedalaman mencapai 10 KM. Pusat gempa berada di laut 145 KM tenggara Klungkung, Bali, 160 KM Pulau Lombok. Barat Daya Lombok Barat, dan 158 Barat Daya Kota Mataram.

"Gempa berkekuatan 5,3 SR ini terasa hanya beberapa detik di Kota Mataram," kata Kasi Data dan Informasi BMKG NTB Wandayan Tolis saat dihubungi melalui telepon di Mataram, Kamis.

Menurutnya, gempa berkekuatan 5,3 Skala Richter yang berpusat di kedalaman 145 KM tenggara Klungkung, Bali itu, juga di rasakan di Pulau Lombok, meliputi Kota Mataram, dan Kabupaten Lombok Barat.

Berdasarkan, data yang dirilis BMKG, lokasi gempa berada di 145 KM tenggara Klungkung, Bali. Meski berkekuatan 5,3 Skala Richter, gempa tersebut tidak sampai menimbulkan gelombang tsunami.

"Yang jelas tidak sampai menimbulkan tsunami, kalaupun kerusakan kita belum menerima laporan terjadinya kerusakan bangunan," katanya.

Pantauan Antara, akibat gempa yang dirasakan di Kota Mataram itu, membuat sejumlah pegawai di Lingkungan Kantor Gubernur NTB sempat berhamburan keluar gedung. Namun, tidak sampai menimbulkan kerusakan bangunan.