Sofyan Djalil gantikan Andrinof jadi Menteri PPN/Kepala Bappenas

id Sofyan Djalil, Andrinof Achir Chaniago, Menteri PPN, Kepala Bappenas, kabinet menteri, menteri kerja, perombakan kabinet

Sofyan Djalil gantikan Andrinof jadi Menteri PPN/Kepala Bappenas

Sofyan Djalil (FOTO ANTARA)

Jakarta, (ANTARA Sumsel) - Sofyan Djalil yang sebelumnya menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian resmi direposisi menjadi Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas menggantikan Andrinof Achir Chaniago.

Keputusan Presiden Nomor 79/P Tahun 2015 tentang pergantian beberapa menteri Kabinet Kerja yang resmi ditetapkan di Jakarta, Rabu, menyebutkan Presiden Joko Widodo memberhentikan dengan hormat Andrinof Chaniago sebagai Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, dan mengangkat Sofyan Djalil sebagai Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas.

Selain pos Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Presiden juga mengganti empat jabatan pos Menteri dan satu pejabat negara setingkat Menteri yakni Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Kemananan, Menteri Perdagangan, dan Sekretaris Kabinet.

Sofyan Djalil merupakan tokoh senior yang sudah menjabat sebagai menteri sebanyak tiga kali. Sebelumnya Sofyan pernah menjabat sebagai Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara, Menteri Komunikasi dan Informatika, dan Menteri Keuangan Ad-interim.

Selama menjadi Menko Perekonomian di Kabinet Kerja, Sofyan menjadi koordinator dalam beberapa upaya terobosan pemerintah untuk percepatan pembangunan infrastruktur. Sofyan memimpin tim untuk menyusun rancangan Peraturan Presiden dan Instruksi Presiden tentang Percepatan Proyek-Proyek Strategis Nasional.

Upacara serah terima jabatan Sofyan Djalil menjadi Menteri PPN/Kepala Bappenas dijadwalkan pada Rabu sore ini pukul 16.00 WIB di Kantor Bappenas.

Reposisi Sofyan menjadi Menteri PPN dilakukan setelah penguatan peran Bappenas dalam penyusunan program-program pembangunan. Pemerintah sedang menyusun rancangan Peraturan Preisden yang akan mengatur penambahan peran Bappenas, di antaranya pengerjaan studi perencanaan dan persiapan proyek, dan pengesahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA).