Disbun Sumsel siagakan kelompok tani peduli asap

id satgas, kelompok tani

Disbun Sumsel siagakan kelompok tani peduli asap

Satgas kelompok tani peduli asap (Foto: antarasumsel.com/ Evan Ervani/15)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Dinas Perkebunan Sumatera Selatan menyiagakan kelompok tani peduli asap untuk mencegah bencana kabut asap dampak dari kebakaran hutan dan lahan di daerah tersebut.

Kepala Sarana dan Prasarana Dinas Perkebunan Sumsel Hanung Rianto di Palembang, Jumat, mengatakan upaya penanggulangan dan pencegahan kabut asap itu telah dilakukan berbagai upaya, salah satunya membentuk kelompok tani peduli asap.

"Jadi upaya penanggulangan melalui udara dengan cara water booming menggunakan helikopter, pemerintah melalui dinas instansi terkait melakukan peningkatan pengawasan lahan dan hutan melalui peran serta masyarakat lewat kelompok tani peduli asap," katanya.

Dijelaskannya, dibentuknya kelompok tani peduli asap di Sumsel adalah sebagai upaya pemerintah dan dinas terkait untuk langkah awal tindakan cepat dan tepat rawannya lahan gambut yang mudah terbakar saat musim kemarau seperti sekarang ini.

Pemanfaatan kelompok tani ini difungsikan di tujuh titik rawan kebakaran hutan dan lahan mulai September mendatang, seperti di Kabupaten Banyuasin, Musi Banyuasin, Lahat, Ogan Komering Ilir dan Kabupaten Musi Rawas.

Pemprov Sumsel tahun ini menyediakan anggaran melalui APBN sebesar Rp5 miliar guna menanggulangi kebakaran hutan, lahan dan kebun di provinsi itu.

Selain itu pemerintah membangun komitmen perusahaan perkebunan untuk melakukan pencegahan dan penanggulangan kebakaran areal perkebunan, yakni dengan membentuk regu penaggulangan kebakaran dan siap digerakkan bila diperlukan.