Tanda kualitas air buruk untuk dikonsumsi

id air, air minum, kualitas air, air layak konsumsi, pakar

Tanda kualitas air buruk untuk dikonsumsi

Ilustrasi air (Antarasumsel.com/Grafis/Aw)

....Muncul noda-noda kekuningan di pakaian ataupun tempat menyimpan air....
Jakarta (ANTARA Sumsel) - Kualitas air yang buruk bisa memunculkan masalah kesehatan, mulai dari diare hingga gangguan ginjal. Oleh karena itu, pendiri dan pimpinan Indonesia Water Insitute, Dr Ir Firdaus Ali, mengungkapkan sejumlah tanda untuk mengetahui kualitas air di rumah. 

Pertama, muncul noda-noda kekuningan di pakaian ataupun tempat menyimpan air. Hal ini, menurut Firdaun, menandakan air tersebut mengandung mangan di ambang batas normal.

"Mangan bisa menyebabkan noda ke pakaian, ataupun bath tub. Batas normalnya 0,3 mg/l. Bila melebihi batas itu, akan menimbulkan noda kekuningan di baju," ujar Ali, di Jakarta, Selasa. 

Lebih lanjut menurut dia, kadar mangan dalam air bila melebihi ambang batas normal juga akan menyebabkan munculnya rasa tertentu bila diminum. 

"Bila kadar mangan berlebihan bisa menganggu fungsi ginjal," kata dia. Selain itu, tanda lainnya ialah muncul kerak di panci atau wadah saat kita merebus air. Hal ini menandakan air yang kita konsumsi mengandung kalsium dalam kadar tinggi.