Perum Bulog siap beli gabah petani Sumsel

id panen, panen padi perdana

Perum Bulog siap beli gabah petani Sumsel

Ka Bulog dan Bupati Banyuasin panen padi perdana (Foto: antarasumsel.com/Susilawati/15)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pihak Perum Bulog Divre Sumatera Selatan dan Bangka Belitung siap untuk membeli semua produksi gabah petani khususnya di Kabupaten Banyuasin.

Kabid Perencanaan dan Pengembangan Usaha Perum Bulog Divre Sumatera Selatan dan Bangka Belitung, Ihsan menyampaikan hal itu usai panen raya padi lebak dan tanam perdana padi upaya khusus 2015 di Desa Pagar Bulan Kecamatan Rantau Bayur Kabupaten Banyuasin, Rabu.

Menurut dia, pihaknya bersama dengan Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumsel maupun dinas pertanian kabupaten sudah berkoordinasi dengan Bupati Banyuasin dan pihaknya siap membeli semua produksi petani di kabupaten tersebut.

"Saat ini kita sudah siapkan kapal tongkang untuk menyerap produksi petani di Kabupaten Banyuasin," katanya.

Ia mengatakan, pihaknya siap menyerap gabah petani Kabupaten Banyuasin dan juga di kabupaten lainnya di provinsi itu.

"Kita turunkan satgas ke lapangan dan pihaknya terus melakukan pembelian untuk pengadaan tahun 2015," ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Banyuasin, Syaiful Bahri menjelaskan, luas tanaman padi lebak di Kecamatan Rantau Bayur musim tanam tahun 2015 sampai dengan Agustus mencapai 18.630 ha, sedangkan luas panen minggu ke dua Agustus 2015 tercatat 3.800 ha dengan produksi sebesar 15.200 ton gabah kering panen.

Sedangkan sisanya akan dipanen pada minggu ke tiga dan keempat Agustus seluas 4.200 ha dan September seluas 10.630 ha.

Khusus Rantau Bayur ini satu kali tanam setiap tahun, karena belum adanya sistem pengolaan/pengaturan tata air yang baik, hanya menggantung pada kondisi alam, ujarnya.

Sementara Bupati Banyuasin, Yan Anton Ferdian mengatakan, dengan kondisi sekarang ini di daerah itu masih bisa panen padi dan tanam perdana padi upsus 2015 kawasan lebak.

Selain melakukan panen padi Bupati Banyuasin, Dinas Pertanian bersama Perum Bulog Divre Sumatera Selatan dan Bangka Belitung dan pejabat lainnya juga melakukan tanam perdana padi upsus 2015 kawasan lebak di Desa Pagar Bulan, Kecamatan Rantau Bayur.