Jalan layang bandara Palembang segera pembebasan lahan

id jalan layang, fly over, simpang bandara, bbpjn, balai besar jalan, palembang, bandara palembang, apbn, pemprov sumsel, infrastruktur

Jalan layang bandara Palembang segera pembebasan lahan

Ilustrasi - Pengendara sepeda motor melewati papan pembatas proyek pembangunan jalan layang simpang Jakabaring Palembang. (Foto Antarasumsel.com/13/Feny Selly/Aw)

....Jika pembebasan lahan sudah dilakukan pada bulan September, maka target lelang pada Oktober diharapkan dapat tercapai....
Palembang, (ANTARA Sumsel.com) - Jalan layang simpang Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Sumatera Selatan, segera memasuki proses pembebasan lahan setelah Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional menyelesaikan pengerjaan desain proyek.

Pejabat Pembuat Komitmen Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional III Metropolitan Palembang Refi Pebriansyah di Palembang, Rabu, mengatakan, desain tersebut sudah diserahkan ke pemerintah provinsi belum lama ini untuk dijadikan landasan dalam penyediaan lahan.

"Kebutuhan lahan sudah disebutkan berapa banyak sehingga proses pembebasan dapat segera dilakukan pemprov karena berdasarkan pembagian tanggungjawab, pembebasan lahan menjadi kewajiban pemprov melalui dana APBD dan pembangunan menjadi tanggung jawab pusat melalui dana APBN," kata Refi usai mengikuti rapat penetapan u-turn bersama Dishub Kota Palembang.

Ia menambahkan, dalam desain itu lahan yang akan dibebaskan seluas 3.000 meter persegi untuk jalan layang sepanjang 400 meter, dengan alokasi dana pembangunan dari APBN sebesar Rp179 miliar.

"Jika pembebasan lahan sudah dilakukan pada bulan September, maka target lelang pada Oktober diharapkan dapat tercapai," kata dia.

Ia menerangkan, pemerintah mematok target Oktober lantaran berkeyakinan tidak bakal mendapatkan masalah dalam pembebasan lahan mengingat kawasan yang dilalui sebagian besar lahan milik pemerintah, seperti Asrama Haji, dan Kantor Polsek.

Sejak awal pemerintah memilih fly over dibandingkan underpass di kawasan tersebut mengingat terdapat pipa gas PT Pusri di bawah tanah.

"Harapannya semua seusai dengan target, sehingga pada 2016 sudah dilakukan pekerjaan fisik karena untuk fly over bandara ini sudah masuk daftar isian proyek (dipa)," kata dia.

Ia menambahkan, pemerintah sangat fokus pada proyek infrastruktur transfortasi ini mengingat pada tahun 2018, Kota Palembang akan menjadi tuan rumah Asian Games ke-18.

"Pekerjaan harus dikebut, bukan hanya saja fly over simpang bandara, tapi juga fly over Keramasan, Jembatan Musi IV dan Jembatan Musi VI," ujar dia.