Potensi perikanan Banyuasin cukup besar

id potensi perikanan, ikan, banyuasin, kadis perikanan banyuasin, kosarodin, nelayan, budi daya ikan, kolam ikan

Potensi perikanan Banyuasin cukup besar

Kadis Perikanan dan Kelautan Banyuasin, Kosarodin (Foto: antarasumsel.com/Susilawati/15)

Palembang, (ANTARA Sumsel) - Potensi perikanan di Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan cukup besar sehingga pemerintah kabupaten setempat sangat memperhatikan sektor perikanan di daerah itu.

Berbagai bantuan sudah diberikan kepada masyarakat nelayan di daerah ini, kata Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Banyuasin, Kosarodin di Palembang, Kamis saat ditanya mengenai sektor perikanan di daerah itu.

Menurut dia, kalau untuk perikanan tangkap sudah digalakan di daerah Banyuasin dimana masyarakat nelayan dibantu kapal nelayan untuk menangkap ikan. 

"Bantuan kapal nelayan untuk menangkap ikan dilengkapi peralatan dan ada lagi nelayan kita tambah alat tangkapnya berupa jaring," katanya.

Ia mengatakan, di kampung nelayan yang akses jalannya kurang baik diperbaiki dan dibantu peralatan pengolahan ikan.

Peralatan yang dibantu itu seperti alat pemisah daging ikan, pengilingan, pengasapan sehingga masyarakat bisa mengolah hasil tangkapannya dengan baik.

Jadi, ikan itu bisa diolah menjadi kerupuk ikan, kemplang ikan, salah satunya bahkan terasi paling banyak diproduksi di Banyuasin, ujarnya.

Terasi itu seperti di Pulau Bangka sebenarnya kebanyakan Banyuasin hanya saja masalah kemasan yang belum menarik. Kemudian kalau pasar terasi Bangka sudah dikenal lama, tuturnya.

"Kita juga memperhatikan budi daya ikan dengan mengalakan kepada masyarakat untuk memelihara kolam-kolam ikan patin dan ikan lele," katanya.