Dua calon bupati sepakat bersaing secara sehat

id calon bupati, dua calon bupati

Dua calon bupati sepakat bersaing secara sehat

Dua calon bupati sepakat bersaing secara sehat (Foto:antarasumsel.com/Edo Purmana)

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Dua pasangan calon Bupati Ogan Komering Ulu Sumatera Selatan sepakat untuk bersaing secara sehat, sehingga pelaksanaan Pilkada serentak 9 Desember 2015 bisa dilaksanakan secara jujur, aman dan damai.

Dua pasangan calon bupati/wakil Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) nomor urut 1, Kuryana Azis-Johan Anuar (Bekerja) dan nomor urut 2, Hj Percha Leanpuri-HM Nasir Agun (Percha Nian) menyatakan sepakat disampaikan saat menghadiri deklarasi siap menang dan siap kalah yang diselenggarakan KPU OKU di Gedung Kesenian Baturaja, Kamis.

Turut hadir pada acara itu, Kapolres OKU AKBP Dover C Lumban Gaul, Pj Bupati OKU Maulan Aklil, Ketua Panwaslu OKU Jaka Irhamka, serta seluruh unsur muspida.

Pada kesempatan itu, Pj Bupati OKU, Maulan Aklil mengimbau agar seluruh tim sukses kedua pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati OKU periode 2015-2021 bersikap santai menjalankan tahapan pilkada dengan mengedepankan sikap saling hormat menghormati.

Menurut dia, tidak etis kalau gara-gara pilkada terjadi permusuhan antara satu dengan yang lain.

"Jangan sampai tetangga berantem gara-gara berbeda pandangan. Masyarakat sekarang sudah cerdas. Jadi saya minta tim sukses kedua pasangan agar menahan diri dan mengedepankan sikap saling menghormati, karena berbeda pendapat itu biasa," tegasnya.

Meski orang baru di Kabupaten OKU, kata Maulan, ia merupakan pemimpinnya. Untuk itu ia mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat OKU untuk menjaga keamanan dan kedamaian.

"Saya penanggung jawab kabupaten ini sebagai pemimpin. Mari kita sukseskan Pilkada OKU yang akan dilaksanakan 9 Desember mendatang. Kepada para kandidat bupati juga harus siap menang dan siap kalah. Siap dilantik dan siap tidak dilantik," katanya.

Sementara Kapolres OKU, AKBP Dover Ch Lumban Gaul menambahkan, pihaknya tidak akan segan-segan memberikan sanksi bagi tim sukses setiap pasangan calon yang tidak mematuhi aturan dan bersikap anarkis.

"Tugas saya adalah mewujudkan pilkada jujur, aman dan damai di OKU ini," katanya.

Sementara, pantauan di lapangan, deklarasi siap menang dan siap kalah yang dilakukan KPU OKU di gedung kesenian ini berlangsung aman dan lancar.

Kedua pasangan hadir menandatangani nota kesepakatan deklarasi tersebut selanjutnya diiringi pengurus partai pendukung, pengusung dan simpatisan masing-masing.

Bahkan, usai menandatangani kesepakatan siap menang dan siap kalah, pasangan Bekerja dan Percha Nian dengan penuh kesadaran langsung berjabat tangan dan melakukan salam komando.