Dewan pengawas desak RSUD Sekayu dinaikkan statusnya

id rsud sekayu, dewas desak dinaikkan status

Dewan pengawas desak RSUD Sekayu dinaikkan statusnya

Pasien RSUD Sekayu (Foto Antarasumsel.com/Edy Parmansyah/15)

Sekayu (ANTARA Sumsel) - Dewan Pengawas Rumah Sakit Umum Daerah Sekayu, Kabupaten Musi Banyuasin Sumatera Selatan mendesak jajaran rumah sakit untuk segera membuat master plan menyeluruh rumah sakit tersebut, karena akan menjadi syarat menaikkan statusnya.

Ketua Dewan Pengawas Rumah Sakit Umum Daerah setempat, Johansyah di Sekayu, Jumat mengatakan untuk naik kelas dari tipe C sekarang ini menjadi tipe B, tahap awal harus dilakukan tentunya memiliki program rencana utama atau master plan yang mumpuni.

"Perencanan pengembangan rumah sakit menuju tipe B dapat kita lakukan dengan bertahap, untuk itu kita memerlukan master plan yang berjangka panjang, karena perubahan dari segala aspek memerlukan ruang," katanya.

Namun demikian, kata dia, mengapresiasi penuh atas program tahap awal pengembangan RSUD Sekayu di tahun 2015, yaitu pembuatan master plan pengembangan rumah sakit yang bekerja sama dengan PT Medisain Semarang.

"Tentunya bukan master plan sementara, melainkan yang permanen, jika memang rumah sakit ini ingin naik kelas," kata Johansyah.

Sementara itu, Direktur RSUD Sekayu, dr Azmi Dariusmansyah berharap dukungan dari berbagai pihak, baik dari masyarakat sampai ke jajaran pemerintahan Kabupaten Musi Banyuasin dalam pembuatan master plan tersebut.

Menurut dia, master plan ini bukan hanya milik pihak rumah sakit saja, melainkan acuan dan aspirasi bersama, sebab pengembangan dan rencana yang baik akan berpengaruh besar pada pelayanan lebih baik pula.

Sementara, pengembangan yang akan dilaksanakan mencakup perbaikan dan penambahan bangunan tahan gempa, penambahan ruang perawatan, laboratorium, lahan parkir dan perbaikan semua sarana prasarana rumah sakit untuk mencapai standar rumah sakit bertipe B.

"Kami yakin jika dukungannya maksimal, maka semuanya akan berjalan lancar," katanya.