BUMN Untuk Negeri - Pusri gelar donor darah

id donor, pt pusri donor darah

BUMN Untuk Negeri - Pusri gelar donor darah

PMI (Foto: antarasumsel.com)

Palembang (ANTARA Sumsel) - PT Pupuk Sriwijaya bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia Kota Palembang menggelar kegiatan sosial donor darah di lingkungan pabrik Palembang, Senin.

Direktur Keselamatan Kerja dan Lingkungan Hidup PT Sriwijayam Dani Bahar, mengatakan kegiatan ini juga dilakukan serentak di seluruh Indonesia di bawah naungan Pupuk Indonesia Holding Company.

"Kegiatan donor darah sebenarnya sudah menjadi agenda rutin di Pusri, tapi khusus tahun ini dilakukan serentak di seluruh Indonesia, jadi setiap provinsi yang memiliki perusahaan pupuk juga menyelenggaranya," kata Dani.

Ia mengemukakan Pusri dalam tanggung jawah sosialnya itu menargetkan setiap kegiatan donor darah mengumpulkan sebanyak 250 kantong.

Untuk itu, edukasi dan pendekatan secara persuasif senantiasa dilakukan di lingkungan perusahaan, mulai dari karyawan, keluarga karyawan, hingga perusahaan yang menjadi mitra kerja.

"Donor darah ini bukan saja untuk berbuat baik ke sesama, tapi juga sangat baik untuk kesehatan. Siapa yang melakukannya secara rutin maka akan lebih sehat," ujar dia.

Menurut dia, respons positif juga diberikan karyawan Pusri dengan mengharapkan kegiatan ini ditambah frekwensinya.

"Ada juga karyawan yang mengusulkan, untuk rutin setiap tiga bulan, karena akan baik bagi kesehatan pendonor. Usulan ini juga sedang dipertimbangkan perusahaan," kata Dani.

PMI Kota Palembang membutuhkan sekitar 30.000 kantong darah setiap tahun untuk memenuhi penduduk yang mencapai 1,5 juta jiwa lebih.

Dari 30.000 kantong darah tersebut, sebanyak 50 persen disumbangkan dari pedonor darah sukarela.