PDIP minta lembaga pelaksana Pemilu profesional

id pdip, rakor pemenangan pemilu

PDIP minta lembaga pelaksana Pemilu profesional

PDI Perjuangan (Antarasumsel.com/Grafis/Aw)

Palembang (ANTARA Sumsel) - DPP PDI Perjuangan meminta lembaga pelaksana pemilu dalam hal ini Komisi Pemilihan Umum bisa profesional, karena mereka sudah dipayungi undang-undang dalam membuat peraturan KPU.

Ketua Bidang Pemenangan Pemilu DPP PDI Perjuangan Bambang DH menyampaikan hal itu saat rapat koordinasi pemenangan pemilu di DPD PDI Perjuangan Sumatera Selatan di Palembang, Kamis.

Menurut dia, pihaknya meminta lembaga pelaksana pemilu, KPU bisa profesional, karena mereka sudah dipayungi undang-undang dengan membuat PKPU, demikian juga pengawas pemilu, dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).

"Mudah-mudahan kita berharap bisa bekerja profesional sehingga mampu meningkatkan kualitas pelaksanaan pemilu kali ini, jangan sampai lembaga yang sudah dibentuk, ditopang dana APBN dan APBD kemudian tidak meningkatkan kualitas pelaksanaan pemilu, namun justru akan menurunkan," katanya.

Mengenai target pemenangan pemilihan kepala daerah di Indonesia, ia mengatakan, kalau mereka tidak akan berbicara mengenai persentase target untuk pilkada serentak 9 Desember nanti.

Ia menuturkan, kalau kehadirannya di Sumsel untuk memastikan mesin partai di daerah itu bekerja dengan baik.

Karena, lanjutnya, banyak terjadi di daerah mungkin sumber daya manusia calonnya bagus dan finansialnya bagus, tetapi mesin partai tidak bekerja dengan baik, maka tidak akan jalan juga.

Kalau mesin partainya bagus, mudah-mudahan kemenangan bisa diraih, mengenai target selalu berdasarkan survei sebagai pemandu, ujarnya.

"Kami akan mengoptimalkan, tetapi tidak akan berbicara angka persentase target itu. Kami survei, kami cermati, kita ikuti, survei pertama pada Juni lalu dan kita sudah punya peta lapangan yang dapat menggambarkan potensi kemenangan dan lainnya," ujarnya.

Begitu pula dalam hal memasang iklan di media harus tepat. Harus benar-benar tertuju kepada masyarakat yang membaca, melihat ataupun mendengarnya, katanya.

Pada rapat koordinasi pemenangan pemilu di DPD PDI Perjuangan Sumatera Selatan itu juga hadir Ketua DPD PDI Perjuangan Sumsel HM Giri Ramanda N Kiemas dan pengurus partai serta para pasangan calon bupati/wakil bupati dari tujuh kabupaten yang melaksanakan pilkada 2015.