Toyota: Pasar mobil niaga masih menjanjikan

id toyota, auto 2000, mobil pick up, mobil niaga, otomotif, bisnis, ekonomi

Toyota: Pasar mobil niaga masih menjanjikan

Yagimin (Foto Antarasumsel.com/13/Dolly*I016)

Palembang, (ANTARA Sumsel) - Pasar mobil niaga pick up 4x4 masih menjanjikan di Sumatera Selatan meskipun daerah ini juga mengalami pelemahan ekonomi akibat penurunan harga komiditas ekspor.

Kepala Cabang Auto 2000 Tanjung Api Api Palembang, Yagimin, di Palembang, Kamis, mengatakan mobil yang biasa digunakan pada sektor pertambangan dan perkebunan ini, sejatinya masih dibutuhkan untuk tetap beroperasi di lapangan.

"Meski ekonomi turun, tapi perusahaan tambang dan perkebunan tetap harus beroperasi, tidak mungkin tutup juga. Jika pun ada, tentunya tidak semua. Jadi pasar mobil niaga ini tetap ada meskipun sangat segmentif, khususnya di Sumatera dan Kalimantan yang bertumpu pada mineral dan perkebunan," kata dia.

Selain itu, dia menegaskan bahwa Toyoto Astra Motor juga mengamati bahwa keberpihakan pemerintah pada pembangunan infrastruktur menjadi peluang sendiri pada produk all new Hilux yang resmi diluncurkan di Palembang pada hari ini.

"Artinya akan ada kebutuhan kendaraan-kendaraan untuk memantau proyek, karena itu Toyota masih optimitis meski terjadi pelemahan ekonomi," katanya lagi.

Apalagi, ia melanjutkan, Toyota memandang pelemahan ekonomi ini justru suatu peluang untuk mengokohkan posisi di kelas mobil niaga.

"Karena ekonomi sedang turun, jadi konsumen akan selektif dalam membeli produk karena tidak mau rugi. Jika sudah begini, maka Toyota yang menang karena sudah dikenal akan kualitas, kesediaan suku cadang, hingga purna jual yang tidak jatuh di pasaran," ujar dia.

Sebagai bukti, Yagimin menambahkan, meski bisnis otomotif secara nasional menurun hingga 16 persen, tapi Toyota di wilayah Sumsel justru mampu meningkatkan pangsa pasar dari 16,4 persen menjadi 32,4 persen atau lebih tinggi dari angka rata-rata nasional kelas niaga yakni 31,5 persen.

"Bahkan pada saat pelemahan ekonomi ini, perusahaan secara nasional bisa menjual 3.641 unit pada semester l tahun ini, artinya dengan asumsi ekonomi membaik maka perusahaan sangat optimistis mampu mencapai target penjualan," kata Yagimin pula. 

PT Toyota Astra Motor (TAM) melengkapi line up produk all new Hilux dengan menambah varian baru all new Hilux extra cabin.

All new Hilux ditawarkan dengan dua pilihan mesin, yakni mesin bensin berteknologi Dual VVT-I berkapasitas 2.000 cc, dan mesin diesel 2KD-FTV dilengkapi Variable Nozzle Turbo (VNT) pada model extra cabin dan double cabin.

Mesin tersebut dikombinasikan dengan sistem transmisi otomatis lima percepatan, dan manual enam percepatan.

Mobil pick up baru Toyota ini juga dilengkapi fitur keamanan seperti antilock braking system (ABS), electronic brake distribution (EBD), dan SRS airbag untuk pengaman bagi pengemudi dan penumpang di kursi depan.