Wisata selam Indonesia promosi ke Tiongkok

id wisata selam, pameran wisata, tiongkok, wisatawan, wisata

Wisata selam Indonesia promosi ke Tiongkok

Ilustrasi (FOTO ANTARA)

....Indonesia juga tidak hanya punya Bali, tetapi ada beberapa lokasi yang menarik untuk wisata bahari yang tersebar dari Aceh hingga Papua....
Beijing, (ANTARA Sumsel) - Indonesia mempromosikan wisata selam pada pameran wisata bawah air ADEX di Beijing, 11-13 September 2015 guna meningkatkan kunjungan turis Tiongkok ke Indonesia.

"Indonesia memiliki destinasi wisata yang menarik, termasuk destinasi untuk wisata selam. Orang selama ini tahunya hanya Bali, padahal banyak tempat di wilayah lain yang punya destinasi menarik, khususnya untuk diving (selam)," kata Wakil Direktur Sales Mission untuk Asia Pasifik Kementerian Pariwisata Jordi Paliama kepada Antara di Beijing.

Ia mengatakan  keikutsertaan Indonesia dalam ADEX 2015 dan pertemuan dengan para biro perjalanan wisata di Tiongkok bertujuan meningkatkan pemahaman para pelaku wisata di Tiongkok tentang Indonesia dengan segala potensi wisata yang dimilikinya.

"Jadi, kami tidak sekadar mempromosikan Bali yang sudah sangat mereka kenal. Tetapi lebih banyak kepada 'Bali in beyond', 'Jakarta n beyond', seperti Lombok, dan Yogyakarta, yang juga tak kalah menarik untuk dikunjungi para turis Tiongkok," ungkap Jordi.

Terkait wisata selam, Indonesia juga tidak hanya punya Bali, tetapi ada beberapa lokasi yang menarik untuk wisata bahari yang tersebar dari Aceh hingga Papua.

"Untuk diving, sebut dari Aceh, Wakatobi, Lombok, dan Raja Ampat. Ada lebih banyak lagi, lokasi lain yang menarik untuk dijadikan lokasi diving. Jadi, tidak hanya Bali," papar Jordi.

Tentang minat wisatawan Tiongkok terhadap wisata minat khusus, seperti menyelam dan diving, ia mengatakan cukup tinggi dan sangat potensial untuk digarap.

"Cukup tinggi peminatnya, hanya saja mereka memang belum tahu banyak tentang site-site (lokasi) tempat wisata lain yang menarik untuk diving, selain Bali. Jadi memang masih perlu untuk terus ditingkatkan," kata Jordi.

Ia berharap dengan makin dikenalnya Indonesia secara utuh beserta potensi wisatanya, maka akan banyak turis Tiongkok yang berkunjung ke Indonesia bahkan mampu mencapai target dua juta orang setiap tahun.

Berdasar data Kementerian Parwisata jumlah kunjungan turis mancanegara ke Indonesia pada 2014 tercatat 9,4 juta atau lebih tinggi 8,5 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Sedangkan jumlah kunjungan turis Tiongkok pada 2014 tercatat 959.231 orang atau naik sekitar 28,25 persen dibandingkan 2013. "Kita berharap tahun ini kita bisa mencapai 1,3 hingga dua juta orang turis Tiongkok datang ke Indonesia," kata Jordi.

Sementara itu Manajer Umum Garuda Indonesia Beijing Hans Haliono mengatakan pihaknya sebagai maskapai nasional siap mendukung program peningkatan turis Tiongkok ke Indonesia, baik melalui penerbangan reguler maupun penerbangan tak berjadwal (charter).

"Khusus untuk wisata selam, Garuda Indonesia juga telah memiliki rute ke hampir seluruh destinasi wisata selam seperti Aceh, Gorontalo, Lombok dan Komodo," katanya.

Tentang rencana penambahan frekuensi penerbangan dan rute baru dari Tiongkok ke Indonesia, Hans mengatakan hal itu tergantung permintaan pasar.

"Jika pasar menghendaki maka kita akan siap," ujarnya.