Polres ringkus lima pencuri BBM milik KAI

id polres, pencurian bbm

Polres ringkus lima pencuri BBM milik KAI

Polres OKU (Foto antarasumsel.com)

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Polres Ogan Komering Ulu Sumatera Selatan meringkus lima tersangka komplotan pencuri bahan bakar minyak jenis solar milik PT Kereta Api Indonesia di Stasiun Kereta Api Talang Baru Kecamatan Peninjauan.

Kapolres Ogan Komering Ulu (OKU), AKBP Dover Christian di dampingi Kapolsek Peninjauan, Iptu Syafaruddin dan Kanit Reskrim Bripka D Maryanto di Baturaja, Minggu mengatakan pihaknya telah mengamankan lima orang tersangka komplotan pencuri BBM milik PT KAI.

Kelima tersangka masing-masing, Al (28), dan Fer (30) keduanya warga Dusun VII Peninjauan, Bus (22) warga Dusun II Peninjauan, Ek (18) warga Blok H Penilikan serta Sup (25) warga Lubuk Rukam ditangkap di kawasan Stasiun Kereta Api (KA) Talang Baru, Minggu pukul 05.00 Wib.

Dijelaskannya, selain kelima tersangka polisi juga mengamankan barang bukti masing-masing satu tas berisi kunci inggris, satu karung berisi selang sepanjang 15 meter, satu bilah golok, delapan derigen kosong, dan tiga unit sepeda motor berupa Yamaha Zupiter Z, Yamaha Mio serta Honda Bet.

Menurut kapolres, berdasarkan pengakuan kelima tersangka, mereka sudah sering melakukan operasi membobol BBM Kereta Api jenis solar di seputaran Peninjauan, sejak beberapa bulan lalu dengan peralatan kunci inggris, selang dan derigen.

"Biasanya setiap akan beraksi, komplotan itu menunggu di stasiun, lalu setiap ada kereta yang berhenti, saat itulah melakukan aksinya dan kebetulan pada waktu tertangkap tidak ada kereta yang berhenti di stasiun Talang Baru, mereka pulang dengan derigen kosong," kata Kanit Reskrim bripka D Maryanto menambahkan.

Mengenai keterlibatan pihak lain, pihaknya mengaku belum bisa memastikan, karena masih dalam proses penyelidikan.

Sementara, kelima tersangka berikut sejumlah barang bukti diamankan di Mapolres OKU, katanya.