Pemkab alokasikan Rp150 juta untuk kecamatan baru

id pemkab oku, kecamatan baru kpr

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu Sumatera Selatan mengalokasikan dana Rp150 juta melalui APBD Perubahan OKU 2015 untuk operasional kecamatan baru Kedaton Peninjauan Raya.

"Dana yang ada nantinya digunakan untuk membeli alat-alat kantor, perjalanan dinas camat dalam wilayah Kecamatan Kedaton Peninjauan Raya (KPR) dan kegiatan pembinaan masyarakat setempat," kata Asisten I Bidang Pemerintahan Setda Ogan Komering Ulu (OKU), Mirdaili, di Baturaja, Senin.

Dikatakannya, untuk sementara KPR menggunakan kantor Desa Kedaton. Sementara operasional kantor Desa Kedaton menempati balai desa, sambil penunggu pembangunan kantor camat baru pada 2016.

Selain kantor, kendaraan dinas untuk operasional camat dan rumah dinas camat, Pemkab OKU juga akan merealisasikan pembangunannya secara bertahap pada 2016, kata Mirdaili.

Dijelaskannya, rencana pembangunan komplek kantor dan rumah dinas camat KPR telah disediakan lahan hibah warga seluas 25 hektare.

Selain dibangun perkantoran, lahan itu nantinya juga dimanfaatkan untuk fasilitas penunjang kecamatan, seperti lapangan upacara, polsek, KUA, puskesmas dan fasilitas lainnya.

Camat KPR, Yoyin Aripianto menambahkan, untuk status kecamatan masih dinilai kurang dari yang dibutuhkan misalnya jumlah staf dimana dibutuhkan 12 orang, baru ada empat orang dimanfaatkan memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Sementara Kecamatan KPR, membawahi delapan desa yaitu Kedaton, Kedaton Timur, Sinar Kedaton, Bunglai, Rantau Panjang, Kampai, Suka Pindah dan Desa Lubuk Kemiling, katanya.