Wali Kota: kebersihan dan penghijauan prioritas Palembang

id Wali Kota Palembang, Harnojoyo, kebersihan, penghijauan, kota palembang, kota internasional, persiapan asian games

Wali Kota: kebersihan dan penghijauan prioritas Palembang

Wali Kota Palembang Harnojoyo (Foto Antarasumsel.com)

....Jika hanya mengandalkan petugas dan armada yang ada, jelas tidak cukup sehingga membutuhkan sekali peran masyarakat....
Palembang, (ANTARA Sumsel) - Wali Kota Palembang Harnojoyo mengatakan program kebersihan dan penghijauan menjadi skala prioritas menjelang Asian Games tahun 2018 untuk mensejajarkan diri dengan kota internasional lainnya di dunia.

"Bagaimana caranya agar Palembang ini bersih, hijau dan cantik. Itu yang menjadi skala prioritas," kata Harnojoyo seusai rapat koordinasi dengan seluruh SKPD terkait persiapan Asian Games di Palembang, Senin.

Ia mengatakan, kebersihan kota ini harus menjadi perhatian sejak awal karena masih sering ditemukan tumpukan sampah di pusat kota, seperti di pinggiran Sungai Musi, kawasan pasar, dan kawasan umum lainnya.

"Jika hanya mengandalkan petugas dan armada yang ada, jelas tidak cukup sehingga membutuhkan sekali peran masyarakat. Itulah dilakukan kegiatan bersih-bersih setiap akhir pekan di beberapa lokasi. Ini untuk menggugah masyarakat, setidaknya mereka membersihkan area sekitar tempat tinggalnya saja dulu," kata dia.

Selain kebersihan kota, penghijauan taman-taman juga akan dilakukan untuk membersihkan kesan sejuk dan asri.

"Beberapa taman akan ditambah, dan yang sudah ada akan dipercantik lagi. Salah satunya di bawah Jembatan Musi II yang direncanakan akan dibangunkan taman," kata dia.

Ia melanjutkan, termasuk mempercantik ikon Kota Palembang yakni Jembatan Ampera.

"Akan dipasang kembali lampu-lampu hiasnya. Kerja sama dengan Philips akan ditinjau ulang, rencananya akan dibuat seperti Jembatan Suramadu jadi benar-benar cantik," ujar dia.

Kota Palembang terus berbenah untuk persiapan menggelar Asian Games ke-18 tahun 2018. Salah satu yang mencolok yakni pembangunan sejumlah infrastruktur transfortasi yakni jalan layang dan underpass.