Dokter: pijat bayi bermanfaat bagi kesehatan

id pijat, pijat bayi

Dokter: pijat bayi bermanfaat bagi kesehatan

Pijat bayi bermanfaat bagi kesehatan serta menyenangkan (Foto: antarasumsel.com/ Evan Ervani/15)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Dokter Spesialis Anak, Febrica Fedriasari mengatakan, dengan melakukan pijat bayi sangat bermanfaat bagi kesehatan serta sesuatu yang menyenangkan.

Mungkin sebagian orang pijat bayi masih terdengar asing, namun dibalik itu terkandung manfaat sangat besar bagi kesehatan serta menyenangkan, kata dokter Febrica pada pelatihan pijat bayi di Palembang, Rabu.

Dijelaskannya, selain manfaat kesehatan dan menyenangkan, pijat bayi juga mempererat kasih sayang dengan berkomunikasi secara fisik maupun batin antara ibu dan bayinya.

Pada pelatihan yang diikuti 80 orang kader tim PKK kecamatan se-Kota Palembang itu, melibatkan psikolog dari BKKBN dan Terapis Loka Kesehatan Tradisional Sumsel sebagai instruktur.

Menurut dia, pelatihan itu bertujuan memberikan pemahaman dan pengetahuan para kader mengenai pijat bayi yang sangat besar manfaatnya bagi tumbuh kembang sang buah hati, yakni perkembangan otak, mental dan panca indera.

Ia menambahkan, para kader diberikan pelatihan praktek langsung dari para instruktur yang ada, mulai dari pemijatan telapak kaki hingga ke seluruh anggota tubuh bayi bisa dilakukan setiap hari sebelum bayi tidur dan pagi saat terbangun.

Menurut dr Febrica, metode yang diberikan melalui pelatihan tersebut adalah pengenalan teori dan selanjutnya dipraktekan para kader PKK, dengan harapan dapat mengerti cara pemijatan bayi.

Kegiatan pijat memijat tersebut selain sebagai stimulasi kesehatan bagi bayi dalam tumbuh kembangnya dan menjadikan bibit generasi penerus bangsa yang cerdas nantinya.

Hal tersebut juga dapat meningkatkan kepercayaan diri dan memudahkan orang tua mengenali anaknya, serta membina ikatan rasa kasih sayang yang lebih erat, katanya.