Dua Manchester raih hasil maksimal di Liga Champions

id manchester city, manchester united, menang, liga champions, grup b, Sergio Aguero, setan merah, grub d

Dua Manchester raih hasil maksimal di Liga Champions

Manchester City (Ist)

Paris, (ANTARA/AFP) - Dua klub Manchester menikmati kemenangan pada malam yang menggembirakan untuk Inggris di Liga Champions pada Rabu, ketika penampilan menawan terjadi pula di malam itu, bukan untuk pertama kalinya, dari Cristiano Ronaldo.

Manchester United dan City harus bekerja keras untuk dapat menang 2-1 atas klub-klub Jerman Wolfsburg dan Borussia Moenchengladbach, 24 jam setelah Chelsea dan Arsenal menelan kekalahan di kompetisi elit Eropa.

Sementara itu, mantan bintang United Ronaldo mencetak gol ke-500 sepanjang karirnya dan menyamai rekor gol Raul Gonzalez Blanco untuk Real Madrid dengan koleksi 323 gol, ketika klub ibukota Spanyol menang 2-0 atas Malmo di Swedia.

Kedua klub Manchester bertekad bangkit dari kekalahan yang mereka derita pada pertandingan pembukaan fase grup dua pekan silam, dan United mengembalikan kampanye mereka ke jalur yang tepat di Grup B, meski sempat tertinggal terlebih dahulu.            
Daniel Caligiuri membawa Wolfsburg memimpin terlebih dahulu saat pertandingan di Old Trafford baru memasuki menit kelima, namun pelanggaran terhadap Juan Mata membuat United mendapat penalti dan ia mengonversinya menjadi gol untuk membawa 'Setan Merah' menyamakan kedudukan sebelum turun minum, dan kemudian pemain Spanyol itu memberikan operan bagi Chris Smalling, yang mencetak gol penentu kemenangan pada awal babak kedua.

"Ini sangat sulit karena mereka mencetak gol saat pertandingan masih berlangsung dini," kata Van Gaal kepada BT Sport. "Kemudian kami tampil sangat baik. Kami menciptakan banyak peluang. Namun kami tidak menyelesaikannya dan itu merupakan penalti keberuntungan, saya pikir."
   "Kemudian kami mencetak gol dan setelah itu terdapat penderitaan. Kami harus menjaga bola dengan lebih baik pada babak kedua."
Sang pemuncak klasemen Liga Utama Inggris itu kini mendapat mereka terlibat dalam persaingan empat tim langsung yang memiliki tiga angka di Grup B, setelah CSKA Moscow mengalahkan PSV Eindhoven dengan skor 3-2 di Rusia pada pertandingan lain yang digelar malam itu.

PSV mengalahkan United di Belanda dua pekan silam, namun mereka dihancurkan pada babak pertama di Arena Khimki, ketika Ahmed Musa membuka gol sebelum Seydou Doumbia menanduk bola untuk menjadi gol kedua, dan kemudian mengonversi penalti.

Doumbia berpeluang menorehkan trigol, namun sepakan penalti lainnya melambung di atas mistar gawang, dan PSV mendapat harapan ketika Maxime Lestienne mencetak dua gol pada babak kedua. Bagaimanapun, CSKA mampu mempertahankan keunggulan ketika tamunya menyelesaikan pertandingan dengan sepuluh pemain setelah Santiago Arias diusir keluar lapangan.

Sementara itu, City harus beterima kasih kepada Sergio Aguero untuk kemenangan yang diraihnya dan mencetak gol penalti ketika mereka menang 2-1 atas Gladbach di Borussia-Park di Grup D, mengamankan kemenangan berharga setelah mereka kalah di kandang dari Juventus pada pertandingan pertamanya di Grup D.

Ini merupakan akhir yang membahagiakan untuk malam yang berat, di mana klub Liga Jerman itu menyia-nyiakan peluang untuk membuka gol pada babak pertama ketika Rafael memenangi penalti namun eksekusinya dapat dipatahkan Joe Hart.

Mereka dapat unggul melalui Lars Stindl pada menit kesembilan babak kedua, namun City menyamakan kedudukan ketika tembakan Nicolas Otamendi terdefleksi Andreas Christensen sebelum Aguero memastikan kemenangan timnya.

Namun di Grup itu, Juventuslah yang memuncaki klasemen, setelah Alvaro Morata dan Simone Zaza menyumbang gol untuk mengunci kemenangan 2-0 atas Sevilla di Turin.

     
Tidak ada batas
Di Swedia, Mateo Kovacic dan Isco berkombinasi untuk memberi umpan bagi Ronaldo untuk mencetak gol pembuka, gol ke-500 sepanjang karirnya dari 753 pertandingan, pada babak pertama pertandingan Real melawan Malmo di Grup A.

Tuan rumah harus kehilangan Yoshimar Yotun yang diusir keluar lapangan sebelum Ronaldo memastikan kemenangan timnya, sekaligus menyamai koleksi gol Raul.

"Mudah-mudahan, ia tidak memiliki batas. Saya katakan ia tidak dapat dipertanyakan pada masa lalu dan jasanya adalah apa yang telah ia lakukan dalam waktu yang lebih sedikit daripada yang lainnya. Itu menambagi nilai terhadap apa yang telah ia capai," kata pelatih Real Rafael Benitez.

Paris Saint Germain (PSG) selevel dengan Real dengan koleksi enam angka di puncak klasemen Grup A setelah menang 3-0 atas Schakhtar Donetsk di Ukraina, Serge Aguirer dan David Luiz mencetak gol pada babak pertama sebelum gol bunuh diri Darijo Srna mengunci kemenangan tim ibukota Prancis.

Sementara itu, juara Portugal Benfica menguasai pucuk klasemen Grup C setelah bangkit dari ketertinggalan untuk menang 2-1 atas Atletico Madrid, Nicolas Gaitan dan Gonzalo Guedes dengan gol-gol mereka setelah Angel Correa membawa Atletico memimpin.

Di tempat lain, Astana meraih angka perdana mereka di kompetisi ini ketika mereka bermain imbang 2-2 dengan Galatasaray di Kazakhstan.

Bilal Kisa dan gol bunuh diri Nenad Eric membawa tim tamu dua kali unggul, namun gol bunuh diri Hakan Balta dan upaya Roger Canas yang dibantu oleh Lionel Carole membuat Astana bermain imbang.
(Penterjemah: Uu.SYS/C/A.R.A Adipati)