Gubernur: Dunia mulai perhatikan lahan gambut Sumsel

id gubernur sumsel, alex noerdin, lahan gambut, perhatian dunia, peneliti internasioal, peneliti, oological Society of London, ecoregion

Gubernur: Dunia mulai perhatikan lahan gambut Sumsel

Prajurit TNI AD memadamkan kebakaran lahan gambut di Desa Palm Raya, Ogan Ilir, Sumsel. (Foto Antarasumsel.com/Nova Wahyudi/15/den)

....Hal ini terbukti dengan kehadiran sejumlah peneliti lahan gambut di Sumsel....
Palembang, (ANTARA Sumsel) - Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin mengatakan dunia internasional kini mulai memperhatikan daerah ini dan akan melakukan restorasi lahan gambut.

"Hal ini terbukti dengan kehadiran sejumlah peneliti lahan gambut di Sumsel, Kamis (1/10)," kata Alex Noerdin di Palembang, Jumat.

Menurut dia, para peneliti internasioal ini mulai bergerak membantu Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan untuk menyelamatkan dan melestarikan lahan gambut.

Enam institusi dan lembaga dari Inggris serta beberapa negara lainnya termasuk "Zoological Society of London" (ZSL) akan mengembangkan "ecoregion" pertama di dunia, yakni di Sumsel. 

Dia mengatakan, salah satu kegiatan yang dilakukannya yaitu restorasi dan pelestarian lahan gambut.

Banyak hal yang akan dilakukan pihak internasional untuk Sumsel, sebab itu pemprov minta restorasi gambut yang didahulukan. 

"Jadi bila mereka mulai kerja bulan ini barangkali Sumsel dapat merasakan hasilnya mulai Desember ini hingga ke depan," kata dia.

Tim peneliti dari ZSL akan terjun langsung ke lapangan pada 12 Oktober mendatang melakukan pemetaan lahan gambut.

Menurut dia, tercetusnya pembentukan ecoregion ini berasal dari pertemuan dunia "Forum High Level Round Table Implementasi Restorasi Lanskap, The Bonn Challenge" di Kota Bonn, Jerman.

Dia mengatakan, pada saat itu dirinya memaparkan konsep pelestarian lingkungan di hadapan para petinggi dunia dan mereka menyepakati mendirikan "ecoregion" di Sumsel.

Direktur Jenderal ZSL Ralph Armond usai pertemuan dengan Gubernur Alex Noerdin mengatakan pihaknya ke Sumsel untuk melakukan restorasi lahan gambut sekaligus menindaklanjuti pencanangan restorasi dalam pertemuan lalu.

Dia mengatakan, ini memang membutuhkan proses yang cukup panjang dan tidak bisa instan.

Menurut dia, kawasan ecoregion akan dibentuk di Sumsel dan dijadikan taman nasional yang harus dilestarikan.

Pihaknya merupakan lembaga swadaya masyarakat pertama yang datang ke Sumsel dan nantinya akan ada lembaga lainnya yang konsen di bidang lingkungan untuk pengembangan ecoregion ini, kata dia.