Diknas tak liburkan sekolah terkait kabut asap

id asap, kabut asap

Diknas tak liburkan sekolah terkait kabut asap

Terkait kabut asap siswa tidak diliburkan (Foto: antarasumsel.com/ Evan Ervani/15)

Sekayu (ANTARA Sumsel) - Dinas Pendidikan Nasional Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan tidak meliburkan sekolah, terkait dengan kabut asap yang melanda daerah itu sejak beberapa bulan terakhir.

Pihak Dinas Pendidikan (Diknas) setempat tidak meliburkan sekolah, namun jam masuk siswa diundur dari biasanya pukul 06.30 WIB menjadi pukul 08.30 WIB, kata Wakil Kepala SMK Negeri 3 Sekayu, Citra Masita, Jumat.

Ia mengemukakan wilayah Musi Banyuasin merupakan kawasan terparah yang menimbulkan kabut asap mengakibatkan sejumlah aktivitas termasuk kegiatan belajar mengajar terganggu dan harus mengubah jam masuk sekolah bagi para siswa.

Menurut dia, perubahan jam masuk sekolah siswa itu dilakukan berdasarkan dengan status siaga darurat kabut asap yang menyelimuti wilayah Sumatera Selatan, serta berdasarkan indeks pencemaran udara masuk dalam kategori tidak sehat di Kota Sekayu dalam sepekan terakhir.

Kendati terjadi perubahan jam masuk siswa, namun aktivitas belajar mengajar tetap berlangsung seperti biasa dengan jam pulang disesuakan kondisi cuaca, katanya.

Menurut Citra, hingga kini proses belajar dan mengajar di sekolah tetap berlangsung seperti biasa agar siswa tidak ketinggalan mata pelajaran walaupun asap masih pekat.

Namun kondisi demikian, kata dia, masih disarankan para siswa tetap mengenakan masker pada waktu belajar agar mereka terlindung dari penyakit ispa yang dapat berjangkit setiap saat.