IHSG Bursa Efek Indonesia dibuka menguat 35,52 poin

id ihsg, bei, idx, bursa efek indonesia, saham, bursa saham, pasar modal indeks saham, saham regional, ekonomi

IHSG Bursa Efek Indonesia dibuka menguat 35,52 poin

Ilustrasi - Pembukaan IHSG BEI (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Jakarta, (ANTARA Sumsel) - Indeks harga saham gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI) Jakarta pada Senin dibuka menguat sebesar 35,52 poin mengantisipasi paket kebijakan ekonomi tahap III yang akan dikeluarkan pemerintah dalam waktu dekat.

IHSG BEI dibuka naik 35,52 poin atau 0,84 persen menjadi 4.243,32. Sementara kelompok 45 saham unggulan atau LQ45 bergerak naik 9,09 poin (1,30 persen) menjadi 710,41.

"IHSG pada awal pekan ini (5/10) bergerak naik menyusul spekulasi atas Paket Kebijakan Ekonomi III yang akan segera dikeluarkan oleh pemerintah memberikan optimisme pasar terhadap perekonomian nasional ke depan," kata Kepala Riset Universal Broker Indonesia Satrio utomo di Jakarta, Senin.

Ia menambahkan bahwa sinyal sentimen positif juga datang dari bursa saham di kawasan Asia yang pada pagi ini bergerak di area positif, situasi itu menambah kepercayaan pemodal saham di dalam negeri untuk melakukan aksi beli.

"Jika posisi beli oleh pemodal saham asing masih berlanjut, maka peluang IHSG bergerak lebih tinggi cukup terbuka," katanya.

Head of research valbury Asia Securities Alfiansyah menambahkan bahwa rencana pemerintah akan mengeluarkan paket kebijakan ekonomi tahap III yang akan akan fokus untuk meningkatkan daya beli masyarakat dan mencegah terjadinya PHK ditanggapi positif kalangan pelaku pasar saham.

"Salah satu langkah yang dilakukan pemerintah dalam neningkatkan daya beli masyarakat yakni diupayakan dengan menurunkan harga BBM jenis premium," katanya.

Ia mengatakan bahwa sebelumnya, pemerintah telah mengeluarkan paket kebijakan ekonomi tahap I dan II yang intinya untuk memudahkan dunia usaha seperti investor dan eksportir berinvestasi di dalam negeri.

Bursa regional, di antaranya indeks Bursa Hang Seng menguat 358,44 poin (1,67 persen) ke tingkat 21.864,53, indeks Nikkei naik 154,10 poin (0,90 persen) menjadi 17.884,86 dan indeks Straits Times menguat 31,37 poin (1,16 persen) ke posisi 2.825,81.