14 Negara ikuti Kejuaraan Kano Asia

id pemprov, pemprov sumsel

14 Negara ikuti Kejuaraan Kano Asia

Asisten III Pemprov Sumsel Ahmad Najib (Foto Antarasumsel.com/15/Feny Selly/Aw)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Sebanyak 14 negara memastikan keikutsertaan pada Kejuaraan Asia Kano di Palembang, Sumatera Selatan, 4-18 November 2015, yang menjadi ajang prakualifikasi olimpiade di Rio de Jenairo

Asisten III Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan Akhmad Najib di Palembang, Senin, mengatakan, panitia pelaksana masih menunggu konfirmasi dari negara-negara yang diundang untuk menjadi peserta hingga awal November.

"Prakiraan akan ada 20 negara Asia yang akan ambil bagian. Jadi kemungkinan besar akan ada 300 atlet dan ofisial," katanya.

Ia mengemukakan tingginya animo negara Asia itu karena ajang ini menjadi babak kualifikasi olimpiade.

Sementara ke-14 negara yang sudah mendaftar itu di antaranya Hongkong, Tajikistan, Malaysia, Pakistan, Uzbekistan, Iran, Indian, Kirgistan, Korea Utara, dan Kazakhztan.

Terkait kesiapan panitia pelaksana, ia mengatakan sudah 90 persen karena arena kano di Jakabaring sudah dilengkapi sarana dan prasana utama seperti dermaga dan perahu kano.

Namun menjadi persoalan, ia melanjutkan, justru terletak pada kondisi lingkungan karena Palembang saat ini diselimuti kabut asap.

"Semoga saja, pada November nanti sudah turun hujan, dan kabut asap ini tidak menjadi persoalan lagi," kata dia.

Wakil Ketua II Pengurus Provinsi KONI Sumatera Selatan Musni Wijaya menambahkan selain menggelar kejuaraan kano, Sumsel juga menjadi tuan rumah Kongres Federasi Kano Asia (3 November), dan Kejuaraan Perahu Naga Asia (4-5 November).

"Ini suatu kehormatan bagi Sumsel karena dipercaya menyelenggarakan tiga kegiatan sekaligus. Tentunya, Sumsel ingin melaksanakan tugas ini sebaik-baiknya," kata dia.

Ia mengemukakan tugas ini tidak bisa dipandang remeh karena kejuaraan kano dan perahu naga akan diikuti 30 negara di Asia, sementara untuk kongres akan diiktui 40 negara.

"Sumsel akan menyiapkannya dengan matang karena panitia yang terbentuk sudah berpengalaman menyelenggarakan ajang olahraga saat SEA Games 2011 dan Islamic Solidarity Games 2013," kata dia.