Kedatangan jamaah haji Sumsel Kloter pertama lancar

id haji, jamaah haji

Kedatangan jamaah haji Sumsel Kloter pertama lancar

Jamaah haji kloter pertama embakarsi Palembang mengenakan masker saat tiba di Asrama Haji Palembang, Sumsel. (Foto Antarasumsel.com/Nova Wahyudi/15/den)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Kedatangan jamaah haji kelompok terbang pertama Sumatera Selatan di Debarkasi Palembang, Senin malam berjalan lancar dan tidak mengalami hambatan yang berarti.

Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Sumsel Saefudin dalam keterangannya di Palembang, Selasa membenarkan jamaah kelompok terbang pertama sudah tiba di Palembang berjalan lancar.

Dikatakan, ada keterlambatan kedatangannya tetapi itu karena jadwal dari Arab Saudi bukan karena kabut asap sebab pendaratannya berjalan lancar.

Lebih lanjut dia mengatakan, jemaah kloter pertama itu berjumlah 446 orang dan kedatangannya disambut PPIH Debarkasi atau pemulangan Palembang.

Memang, ujar dia, ada jemaah yang naik ambulan karena kelelahan selama menunaikan rukun Islam kelima di tanah suci tersebut.

Jemaah kloter pertama itu sebenarnya berjumlah 449, namun dua diantaranya meninggal di Arab Saudi dan seorang lagi masih dirawat karena sakit sehingga belum bisa pulang, kata dia.

Lebih lanjut dia mengatakan, jemaah haji kloter pertama ini berasal dari Kabupaten Musi Banyuasin, Kota Prabumulih dan Palembang.

Untuk barang para jemaah sendiri diambil keluarga dengan menunjukan identitas seperti paspor, kata dia.

Sementara setiap jemaah dibagi air zam-zam sebanyak lima liter yang diberikan untuk bawaan ke-rumah masing-masing.

Kedatangan kloter selanjutnya diharapkan berjalan lancar karena masih ada 13 kloter lagi termasuk dari provinsi Bangka Belitung, tambah dia.