KPK sosialisasi pilkada berintegritas di Sumsel

id kpu sumsel, kpk, pilkada, bawaslu, panwaslu, pilkada serentak, pilkada berintegrasi

KPK sosialisasi pilkada berintegritas di Sumsel

Ilustrasi (Foto Antarasumsel.com/13/Feny Selly/Aw)

Palembang, (ANTARA Sumsel) - Komisi Pemberantasan Korupsi sosialisasi mengenai pemilihan kepala daerah berintegritas, menyusul akan dilaksanakan pilkada serentak di tujuh kabupaten di Sumatera Selatan.

"KPK sosialisasi tentang pilkada berintegritas 2015," kata Anggota Komisi Pemilihan Umum Sumatera Selatan Heny Susantih di Palembang, Rabu.

Menurut dia, adapun peserta yang mengikuti sosialisasi di KPU Sumsel itu yakni KPU kabupaten dan kota yang melaksanakan pilkada serentak 9 Desember 2015. 

Selain itu juga Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumatera Selatan dan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) kabupaten serta KPU Sumsel sendiri, katanya. 

Ia mengatakan, tujuan sosialisasi itu pemetaan yang rawan politik uang pada saat pilkada, tetapi bukan berdasarkan daerah, tapi potensi-potensi.

Dua orang perwakilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) beberapa hari berada di Sumsel guna melakukan pemetaan pilkada di provinsi tersebut.

Mereka adalah Dani Rustandi dan David Sepiwaja yang keduanya menjabat sebagai Fungsional Pencegahan KPK. 

Perwakilan KPK itu sempat menggelar rapat bersama Ketua KPU Sumsel Aspahani dan anggota KPU Sumsel yang juga dihadiri KPU tujuh kabupaten di provinsi itu.

Di Sumsel ada tujuh kabupaten yang akan menggelar pilkada serentak pada 9 Desember 2015 yakni Ogan Ilir, Ogan Komering Ulu, Ogan Komering Ulu Timur, Ogan Komering Ulu Selatan, Musirawas, dan dua daerah pemekaran yakni Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir, dan Musirawas Utara.