Umat Hindu doa bersama minta hujan

id hindu, umat hindu

Umat Hindu doa bersama minta hujan

Umat Hindu berdoa minta hujan (Foto:antarasumsel.com/Evan)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Ratusan orang umat Hindu Sumatera Selatan menggelar doa bersama memohon kepada Sang Pencipta supaya diturunkan hujan, karena dalam beberapa bulan terakhir ini wilayah Sumsel dilanda kekeringan dan kabut asap supaya segera berakhir.

Ratusan orang umat Hindu menggelar doa bersama di Pura Agung Sriwijaya Palembang, Kamis.

Sekretaris Persatuan Hindu Darma Indonesia Sumsel, Ketut Musnadi mengatakan, doa bersama itu tujuannya agar bencana kabut asap yang tengah melanda wilayah Sumatera Selatan segera berakhir.

Sementara, para peserta doa bersama itu terdiri atas tokoh umat, tokoh adat serta tujuh orang pemangku adat berasal dari Bali.

Pantauan Antara di lokasi Pura tersebut, nuansa khas Bali terasa sangat kental, sekitar 250 orang umat Hindu baik pria maupun wanita hadir dalam persembahyangan itu.

Menurut dia, para umat Hindu yang mengikuti doa bersama itu adalah dikumpulkan dari seluruh kabupaten/kota di Sumatera Selatan.

Suasana hening manakala saat umat Hindu ini memulai persembahyangan terdengar hanya suara lonceng diiringi doa-doa yang dipimpin oleh pemangku Wayan Jaya, seraya melakukan ritual membawa air suci mengelilingi altar sebagai petanda memohon restu Sang Kuasa menurunkan hujan sangat diharapkan.

Pembimbing masyarakat Hindu Sumsel, Gede Riasa Astawa menuntun para umat untuk mencapai tujuan yang sangat diharapkan, yaitu supaya diturunkan hujan di wilayah Sumatera Selatan.

Menurut umat Hindu, diyakini hari ini merupakan hari yang baik untuk melakukan

persembahyangan dan berdoa bersama.

Untuk itu, hal serupa juga dilakukan di 10 Pura yang ada di kabupaten/kota di Sumsel, dengan harapan pertolongan-Nya supaya diturunkan hujan, sehingga kabut asap yang terjadi sekarang ini segera berakhir, kata Gede Riasa.