Objek wisata gratis di Kuala Lumpur

id objek wisata gratis, kuala lumpur, malaysia, traveloka,

Objek wisata gratis di Kuala Lumpur

Salah satu objek wisata gratis Menara Kembar Petronas di Kuala Lumpur, Malaysia (traveloka.com)

Palembang, (ANTARA Sumsel) - Selama ini, para pelancong yang hendak melakukan perjalanan ke luar negeri terpaksa mengurunkan niatan kembali lantaran harus mempersiapkan anggaran besar untuk membeli tiket pesawat, akomodasi hingga printilan lainnya. Kondisi tersebut, pada akhirnya membuat orang-orang harus menunggu waktu lama karena mengumpulkan pundi-pun di keuangan untuk bisa berlibur ke negeri orang.

Namun begitu, jika kita pintar-pintar menyiasati dalam memilih liburan ke sebuah negara, maka budget yang dikeluarkan tersebut dapat ditekan seminimal mungkin. Kuala Lumpur, bisa menjadi salah satu pilihan liburan hemat dan menyenangkan. Ibu kota Malaysia ini, memiliki beragam objek wisata cantik yang bisa dijelajahi tanpa harus mengeluarkan kocek untuk membeli tiket atau karcis masuk.

Berikut rangkuman objek wisata gratis yang bisa dikunjungi wisatawan :

1. Museum Tekstil Nasional

Objek wisata tak berbayar pertama yang wajib dikunjungi ialah Museum Tekstil Nasional yang berada di Jalan Sultan Hishamuddin, Kuala Lumpur. Disini, kita dapat melihat perkembangan tekstil masyarakat dari waktu ke waktu yakni dari penggunaan bahan dari kulit kayu hingga kain songket yang cantik.

Koleksi baju serta asesoris yang dipamerkan di museum ini sangat lengkap mulai dari kain songket kuno, perhiasan, serta berbagai diorama yang menggambarkan proses produksi tekstil tradisional. Tak hanya memiliki koleksi lengkap, keadaan Museum Tekstil Nasional juga begitu modern dengan sentuhan teknologi tinggi sehingga membuat betah wisatawan yang datang berkunjung.

2. Batu Caves

Objek wisata satu ini sudah terkenal. Ya, Batu Caves merupakan tempat suci bagi umat Hindu yang sangat sakral dan biasa dipergunakan untuk merayakan hari besar seperti Deepavali serta Thaipusam. Disini pula, kita akan menjumpai patung Dewa Murugan setinggi 42 meter yang berlapis emas di mana menjadi patung Dewa Murugan tertinggi di Dunia.

Untuk bisa masuk ke komplek kuil yang memang terletak di dalam gua memang tak mudah. Para wisatawan terlebih dahulu harus menyalami anak tangga sebanyak 272 buah. Setiap anak tangga yang dilalui telah tertulis nomor guna mengingatkan sudah seberapa jauh perjalanan yang dilalui. Mengingat di lokasi tersebut banyak dihuni oleh gerombolan monyet, maka berhati-hatilah terhadap barang bawaan yang dibawa karena jika kita lengah maka barang tersebut dipastikan sudah dicuri oleh hewan tersebut.

3. Taman Tasik Perdana

Masih dalam satu kawasan di Kuala Lumpur, ada sebuah taman akbar di mana menawarkan berbagai tanaman hijau nan cantik seperti anggrek hingga kembang sepatu. Selain itu, ada juga hewan yang ditangkarkan seperti rusa dan burung. Jika dibandingkan dengan yang ada di Indonesia, taman seluas 91 hektar ini mirip seperti Kebun Raya Bogor.

Taman ini sangat cocok, bagi wisatawan yang ingin beristirahat dan berteduh dari teriknya sinar matahari setelah puas menjelajahi Kuala Lumpur. Semua fasilitas yang disediakan oleh pemerintah setempat tak dipungut biaya sepeser pun kepada para pengunjung.

4. Brickfield

Suasana budaya Hindia begitu kental terasa jika kita menginjakan kaki di kawasan Brickfield atau popular dengan sebutan Little India. Kawasan ini terletak di sekitar Jalan Tun Sambhantan yang tak begitu jauh dari Stasiun KL Sentral. Ada banyak buah tangan yang bisa dibeli di kawasan ini seperti pakaian sari khas India, pernak-pernik cantik, toko CD hingga kuliner khas negeri Bollywood.

Di kawasan ini pula, ada banyak hotel murah yang cukup nyaman dan bersih untuk tempat beristirahat. Lokasinya pun cukup strategis sehingga wisatawan tak perlu repot untuk mengunjungi objek wisata lainnya yang terdekat. Untuk mempermudah proses reservasi sebaiknya wisatawan membeli voucher hotel Kuala Lumpur di Traveloka. Pemesanan hotel melalui cara tersebut akan sangat membantu dalam menekan budget selama berlibur di kawasan Brickfield yang tak jauh dari pusat Kota Kuala Lumpur.

5. Bukit Bintang

Jika ingin membeli barang-barang branded maka Bukit Bintang tempatnya. Hal tersebut lantaran sepanjang trotoar berderet toko, butik, cafe hingga pusat perbelanjaan modern. Tentunya saja, jika wisatawan masuk ke tempat tersebut jelas tak gratis, apalagi jika membeli barang tertentu bisa jadi membuat kantong jebol.

Namun sisi gratis dari kawasan ini ialah banyak wisatawan yang dating ke Bukit Bintang hanya sekedar jalan-jalan atau mengabadikan foto tanpa harus membeli barang. Ide yang bagus bukan guna menghemat budget liburan selama berada di negeri orang.

6. Menara Kembar Petronas

Tak afdol rasanya jika berkunjung ke Kuala Lumpur tak mengunjungi ikon kota satu ini. Banyak wisatawan yang mengabadikan gambar berlatar Menara Kembar Petronas. Menara ini akan jauh lebih cantik jika mengambil foto pada malam hari karena lampu-lampu cantik yang menghiasinya.