Argentina dan Brazil kalah di kualifikasi Piala Dunia

id timnas sepak bola, argentina, brazil, kualifikasi piala dunia, piala dunia, zona amerika selatan

Argentina dan Brazil kalah di kualifikasi Piala Dunia

Ilustrasi (AFP PHOTO/LUIS ACOSTA)

Montevideo, (ANTARA/AFP) - Argentina secara mengejutkan kalah di kandang sendiri oleh Ekuador, sementara Brazil menyerah kepada Chile juga dengan skor 0-2 pada pertandingan babak kualifikasi sepak bola Piala Dunia zona Amerika Selatan, Kamis (Jumat WIB).

Argentina yang kali tidak diperkuat Lionel Messi yang cedera, dalam pertandingan di Estadio Monumental Buenos Aires itu mengalami kesulitan menghadapi permainan disiplin Ekuador.

Malam kelam bagi Argentina mulai terlihat di awal pertandingan ketika striker Manchester City Sergio Aguero harus keluar lapangan karena cedera.

Pertandingan seperti akan berakhir imbang dalam skor 0-0 hingga 10 menit terakhir babak kedua. Namun Ekuador berakhir memecah kebuntuan itu dengan gol hasil sundulan Frickson Erazo.

Tidak berapa lama kemudian Ekuador menambah keunggulan menjadi 2-0 ketika Antonio Valencia menerobos dari sayap kanan dan memberi umpan kepada Felipie Caicedo, yang menuntaskannya dengan menaklukkan kiper Manchester United Sergio Romero.

Kekalahan 0-2 ini menjadi tekanan bagi pelatih Argentina Gerardo Martino yang posisinya sudah sempat terancam sejak timnya gagal menjuarai Copa America awal tahun ini.

Sementara itu Brazil yang juga tanpa pemain andalannya Neymar yang masih dalam masa skorsing, tidak bisa menahan gempuran tuan rumah Chile di Santiago.

Eduardo Vargas, pencetak gol terbanyak tim Chile pada Copa America, membuat timnya unggul 1-0 pada menit ke-72.

Di akhir babak kedua bintang klub Arsenal Alexis Sanchez mencetak gol kedua melalui tendangan jarak dekat setelah masuk menembus barisan pertahanan Brazil.

Pelatih Chile Jorge Sampaoli memuji timnya yang berakhir mencatat kemenangan pertama atas Brazil sejak tahun 2000.

"Saya sangat senang karena kami belum pernah mengalahkan Brazil, dan kami dapat mengalahkan sebuah tim yang seringkali menjadi momok kami di masa lalu," kata Sampaoli.

Sementara nasib buruk melanda Argentina dan Brazil, hal sebaliknya justru dicatat oleh Uruguay meski tanpa diperkuat pemain bintang Luis Suarez dan Edison Cavani.

Dalam pertandingan yang biasanya menyulitkan tim tamu di dataran tinggi La Paz, Uruguay justru dapat mencatat sejarah untuk pertama kalinya mencatat kemenangan tandang atas tuan rumah Bolivia.

Martin Caceres dan Diego Godin masing-masing mencetak gol untuk memastikan kemenangan 2-0 bagi Uruguay, yang sebelumnya tidak pernah menang di La Paz pada lima pertandingan terakhir.
(Penterjemah: Uu.SYS/C/T. Handoko)