Kejari Lubuklinggau layani tilang online 24 jam

id Kejari Lubuklinggau, layanan tilang online, tilang kendaraan, kepala kejari Lubuklinggau, Patris Yusran Jaya, atm

Kejari Lubuklinggau layani tilang online 24 jam

Ilustrasi (Foto antarasumsel.com/Evan Ervani/14)

Lubuklinggau, (ANTARA Sumsel) - Kejaksaan Negeri Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan, membuka pelayanan tilang online selama 24 jam untuk mempercepat pelayanan kepada masyarakat yang terjerat kasus tilang di jalan raya.

Selain itu untuk mengantisipasi pungutan liar dalam pelayanan tilang, kata Kepala Kejaksaan Negeri Lubuklinggau Patris Yusran Jaya melalui Kasi Pidum Oktafiansyah Effendi, Selasa.

Ia mengatakan layanan tilang online itu sudah berjalan sejak bulan lalu dan terus disosialisasikan kepada masyarakat agar mereka mengetahui program tersebut.

Pelayanan tilang online yang diberikan itu, selain untuk mengantisipasi terjadinya imange pungli, juga adanya dugaan penyalahgunaan wewenang dan untuk kecepatan pelayanan kepada masyarakat.

"Dengan adanya program tersebut masyarakat tidak perlu repot cukup mengirimkan Short Message Service (SMS) menanyakan biaya tilang yang harus disetor ke pemerintah dan langsung memberikan jawaban,"jelasnya.

Namun syaratnya orang yang kena tilang itu harus menginformasikan nomor tilang dan jenis kendaraannya, setelah mengetahui biaya yang harus dikeluarkan, warga dapat langsung menyetor ke rekening penerimaan bukan hasil pajak Kejari Lubuklinggau. 

Setelah itu bukti setor dapat ditukarkan dengan tilang yang akan diambil, bagi masyarakat yang tidak memiliki kartu Ajungan Tunai Mandiri (ATM), bisa langsung membayar ke loket yang telah ditunjuk sesuai nilai yang diberikan petugas.

Meskipun layanan tilang online itu stand by 24 jam, namun terjadi kendala teknis seperti contoh kecil habis batre, tentu petugas tilang tidak bisa langsung memberikan jawaban.

Untuk pengambilan surat tilang yang sudah dibayar itu tidak mungkin dilakukan pada malam hari, tapi tetap pada jam kerja.

"Kejaksaan Negeri Lubuklinggau saat ini tidak hanya memberikan layanan tilang online, tapi memberikan layanan konsultasi hukum online yang akan dilayani bidang intelijen, ujarnya.