Rusia dan Slowakia kunci tempat di Piala Eropa 2016

id rusia, timnas rusia, Slowakia, timnas Slowakia, piala eropa 2016, euro 2016, sepak bola

Rusia dan Slowakia kunci tempat di Piala Eropa 2016

Piala Eropa 2016 di Prancis (Ist)

Paris, (ANTARA/AFP) - Rusia dan Slovakia mengunci tempat di Piala Eropa 2016 pada Senin, ketika sang juara Eropa Spanyol dan Inggris mengakhiri perjalanan mereka di kualifikasi dengan kemenangan.

Perbaikan peruntungan Rusia di bawah asuhan Leonid Slutsky berlanjut ketika mereka menang 2-0 atas Montenegro di Moskow untuk meraih posisi kedua di klasemen Grup G yang otomatis lolos ke putaran final, di bawah Austria, dan memaksa Swedia mengikuti playoff.                  
Bek kanan veteran Oleg Kuzmin mencetak gol internasional pertamanya untuk membawa Rusia unggul pada menit ke-33 di Otkrytie Arena, dan Aleksandr Kokorin mengonversi penalti tidak lama kemudian menyusul pelanggaran terhadap Dmitri Kombarov yang dilakukan oleh Vladimir Rodic.

Ini merupakan kemenangan beruntun keempat bagi tuan rumah Piala Europa 2018 itu sejak Slutsky menggantikan Fabio Capello yang dipecat, dan memastikan Rusia akan finis di atas Swedia, meski mereka menang 2-0 atas tamunya Moldova.

"Para pemain saya benar-benar hebat. Kami telah mengeluarkan tim kami dari masalah pada situasi nyaris mati di kampanye ini," kata Slutsky.

Zlatan Ibrahimovic membawa Swedia memimpin di Solna dengan gol internasional ke-59nya, dan gol kedelapan dari delapan pertandingan kualifikasi, sebelum Erkan Zengin menggandakan keunggulan mereka tidak lama setelah turun minum.

Namun pasukan Erik Hamren harus menjalani dua pertandingan playoff bulan depan jika mereka ingin lolos ke putaran final Piala Eropa untuk kelima kalinya secara beruntun.

Di tempat lain di Grup G, Marko Arnautovic mencetak satu gol dan Marc Janko mengemas sepasang gol ketika juara grup Austria mencatatkan kemenangan 3-0 atas Liechtenstein di Wina.

Sementara itu, Slowakia melaju ke putaran final Piala Eropa sebagai negara merdeka untuk pertama kalinya berkat kemenangan 4-2 di Luxemburg yang menjamin peringkat kedua di Grup C, di bawah juara Eropa Spanyol.

Slowakia memasuki putaran final kualifikasi dengan koleksi angka yang sama dengan Ukraina, namun mereka mengetahui kemenangan di Stade Josy Barthel akan dukup dan mereka dengan cepat unggul 3-0 berkat gol Marek Hamsik, Adam Nemec, dan Robert Mak.

Mario Mutsch mencetak satu gol balasan pada menit ke-60, dan kemudian Lars Gerson mengonversi penalti untuk tuan rumah, namun bintang Napoli Hamsik memastikan kemenangan timnya pada fase akhir pertandingan.  
Pada kondisi apapun, Slowakia dipastikan akan lolos bahkan meski mereka kalah, karena Ukraina kalah 0-1 dari Spanyol di Kiev.

      
Penampilan ke-100 Fabregas
Pada stadion di mana mereka mengalahkan Italia di final Piala Eropa 2012, timnas Spanyol yang terlihat kurang familiar meraih kemenangan berkat gol debut dari bek Villarreal Mario Gaspar pada pertengahan babak pertama.

Cesc Fabregas menjadi kapten tim ketika ia mencatatkan penampilan timnas ke-100nya namun, dengan disaksikan pelatihnya di Chelsea Jose Mourinho yang menyaksikan pertandingan di tribun penonton, malamnya ternoda ketika penaltinya dapat digagalkan Andriy Pyatov pada menit ke-25.

Spanyol telah dipastikan menjadi juara grup, sedangkan kekalahan bagi Ukraina berarti mereka harus menuju undian playoff akhir pekan ini.

Sebagai hasilnya, Hungaria berpeluang lolos sebagai tim peringkat ketiga terbaik, dengan peluang terjadinya sejumlah hasil yang tidak biasa di Grup A pada Selasa. Turki dapat mengungguli Hungaria, dan menghindari playoff, dengan mengalahkan Eslandia untuk mengunci peringkat ketiga di Grup A, namun itu hanya terjadi jika Latvia kalah dari Kazakhstan.

    
Kesempurnaan Inggris
Inggris telah dipastikan lolos dari Grup E namun mereka mengukir kesempurnaan dengan meraih kemenangan kesepuluhnya untuk mengakhiri perjalanan di kualifikasi, ketika pasukan Roy Hodgson menang 3-0 atas Lithuania di Vilnius.

Tembakan Ross Barkley yang terdefleksi membawa Inggris memimpin sebelum kiper Lithuania Giedrius Arlauskis secara tidak sengaja membelokkan tembakan Harry Kane ke gawangnya sendiri untuk menjadi gol kedua, dan pemain Arsenal Alex Oxlade-Chamberlain membukukan gol penutup setelah turun minum.

"Ini merupakan suatu pencapaian. Saya sangat bangga terhadap penampilan para pemain," kaya Hodgson.  
"Kualitas permainannya bagus dan sepuluh kemenangan dari sepuluh (pertandingan) sangat memuaskan. Kami harus berbangga atas hal itu," tambah Hodgson, yang sejawatnya di Lithuani Igoris Pankratjevas mengumumkan pengunduran diri setelah pertandingan.

Swiss yang telah memastikan diri lolos ke putaran final meraih kemenangan 1-0 di Estonia berkat gol bunuh diri Ragnar Klavan, sedangkan Slovenia mengonfirmasi peringkat ketiga dan tiket playoff berkat kemenangan 2-0 di San Marino, di mana Bostjan Cesar dan Nejc Pecnik menjadi pencetak gol.

Pertandingan-pertandingan akhir kualifikasi akan dimainkan pada Selasa ketika, bersama penentuan tim peringkat ketiga terbaik, satu tiket ke Prancis akan diperebutkan oleh Norwegia dan Kroasia di Grup H.
(Penterjemah: Uu.SYS/C/A.R.A Adipati)