Kemdikbud akan uji kompetensi guru setiap tahun

id guru, sertifikasi guru

Kemdikbud akan uji kompetensi guru setiap tahun

Guru di Indonesia akan ikuti uji kompetensi (FOTO ANTARA)

Jakarta (ANTARA Sumsel) - Seluruh guru di Indonesia akan mengikuti uji kompenensi guru (UKG) dilaksanakan setiap tahun, kata Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Sumarna Surapranata.

"Hasil dari UKG tersebut akan digunakan untuk pemetaan kompetensi guru sehingga setiap keputusan yang diambil lebih terarah," ujar Pranata kepada Antara di Jakarta, Selasa.

Kemudian, setelah UKG akan dilakukan pendidikan dan pelatihan bagi guru. Saat ini pihaknya sedang melakukan persiapan Uji Kompetensi Guru (UKG) untuk semua guru yang memiliki Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK).

Jumlah guru yang memiliki NUPTK se-Indonesia sebanyak 3.015.315 orang.

Untuk tahun ini, Kemdikbud menyiapkan sekitar 5.600 Tempat Uji Kompetansi (TUK) di Tanah Air.

"Semua guru yang memiliki NUPTK akan mengikuti UKG pada November mendatang. Saat ini, sedang tahap pendaftaran," jelas dia.

UKG akan dilaksanakan dengan dua cara, yaitu daring dalam jaringan dan luar jaringan. Hanya 38 dari 520 kabupaten/kota yang tidak melaksanakan UKG secara luring.

"Khususnya daerah-daerah yang berada di pedalaman," tambah dia.

Kemendikbud juga menyiapkan 200 paket soal untuk 200 mata pelajaran program keahlian. Waktu pelaksanaan tiap guru hanya berlangsung dalam satu hari, tepatnya selama 120 menit, pilihan ganda dengan jumlah soal 60-100 soal.