Pemkab Pali dukung kinerja bidan desa

id pemkab, pemkab pali

Pemkab Pali dukung kinerja bidan desa

Logo Pemkab Penukal Abab Lematang Ilir (Antarasumsel.com/Grafis/Den)

Penukal Abab (ANTARA Sumsel)- Pemerintah Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir Sumatera Selatan menyatakan akan mendukung kinerja para bidan desa, terutama masalah sarana dan prasarana yang dibutuhkan.

Penjabat Bupati Penukal Abab Lematang Ilir (Pali), Apriyadi, Jumat menyatakan bahwa pihak pemkab akan memasukkan anggaran melalui APBD, guna mendukung kegiatan khususnya dunia kesehatan.

Ia menilai, jumlah tenaga kesehatan di Kabupaten Pali masih minim baik tenaga dokter maupun para bidan dan perawat.

Begitu juga fasilitas sarana dan prasrana penunjang, sehingga akan menjadi prioritas untuk dipenuhi, kata Apriyadi.

Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Pali, Kasmiati mengatakan, ke depan tenaga kerja bidan dan perawat asal putra daerah lebih diutamakan.

Ia mengatakan, tenaga bidan desa sangat dibutuhkan di sini, karena jumlahnya masih sangat terbatas yang berpengaruh terhadap angka kematian ibu hamil dan melahirkan.

Dijelaskannya, angka kematian ibu hamil dan melahirkan di wilayah Kabupaten Pali masih menjadi ancaman tinggi.

Menurut dia, untuk menekan angka kematian ibu hamil dan melahirkan, adalah dengan cara penambahan tenaga kesehatan dan bidan desa.

Sementara, berkaitan dengan HUT ke-64 IBI tahun 2015, organisasi itu bekerja sama dengan Pemkab Pali menggelar seminar sehari bertajuk "Kompetensi Kebidanan".

Kegiatan seminar ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas kompetensi bidan sesuai peraturan Kementrian Kesehatan dengan nomor 1464 tentang standar kompetensi dan kualifikasi kebidanan.

Kepala Dinas Kesehatan Pali, dr Eni Zatillah mengatakan sudah sepatutnya Pemkab Pali mendukung kegiatan IBI setempat.

Ia menambahkan, khusus bidan di daerah harus terus meningkatkan profesionalitas dan pelayanan kesehatan bagi masyarakat.