21 negara ikuti Kejuaraan Kano Asia di Palembang

id kano, kejuaraan kano asia, Ketua Panitia Pelaksana, Ahmad Najib

21 negara ikuti Kejuaraan Kano Asia di Palembang

Peserta Asian Canoe Championships 2015 memeriksa perahu kano milik mereka di arena Ski Air, Jakabaring Sport City (JSC), Palembang, Sumsel. (Foto Antarasumsel.com/Nova Wahyudi/15/den)

Palembang, (ANTARA Sumsel) - Sebanyak 21 negara mengikuti Kejuaraan Kano Asia di Palembang, Sumatera Selatan, 4-8 November 2015, yang menjadi ajang seleksi atlet menuju olimpiade di Rio de Janeiro, Brasil 2016.

Ketua Panitia Pelaksana Ahmad Najib di Palembang, Selasa, menyebutkan ke-21 negara itu, di antaranya, Tiongkok, China Taipeh, Hong Kong, India, Makau, Malaysia, Singapura, Philipina, Tarjikistan, Thailand, Usbekistan, Vietnam, Kamboja, dan Indonesia.

"Semua sarana dan prasarananya sudah siap, dan atlet mulai bertanding pada Rabu (4/11) dengan babak penyisihan," kata Najib.

Kejuaraan Kano Asia yang dipusatkan di Kompleks Olahraga Jakabaring ini sempat akan dibatalkan terkait dengan bencana kabut asap, namun lantaran terjadi perbaikan cuaca pada akhir Oktober membuat kejuaraan ini tetap dilaksanakan.

"Justru organisasi kano dunia yang menyuruh tetap dilanjutkan, dan beruntung sekali dalam dua hari terakhir ada hujan sehingga udara menjadi lebih bersih," kata dia.

Selain menggeluar kejuaraan ini, Sumsel juga mendapatkan kehormatan untuk menjadi tuan rumah Kongres Federasi Kano Asia dan Kejuaraan Perahu Naga Asia (4-5 November).

"Ini suatu kehormatan bagi Sumsel karena dipercaya menyelenggarakan tiga kegiatan sekaligus. Tentunya, Sumsel ingin melaksanakan tugas ini sebaik-baiknya," kata dia.

Sumsel menyelenggarakan kejuaraan ini untuk ajang uji coba menjadi penyelenggara Asian Games ke-18 tahun 2018.

Sejak 2015, sejumlah kejuaraan tingkat Asia dibidik untuk diselenggarakan di Palembang.