Pemkab bangun infrastruktur objek wisata air terjun

id air terjun, air terjun curup tenang

Pemkab bangun infrastruktur objek wisata air terjun

Jalan setapak menuju kawasan air terjun Curup Tenang Bedegung Kabupaten Muaraenim Sumatera Selatan (Foto Antarasumsel.com/ Banu Sungkowo/15)

Muaraenim (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Kabupaten Muaraenim Sumatera Selatan melalui Unit Pelaksana Teknis Dinas Pariwisata setempat sekarang sedang giat membangun infrastruktur pendukung objek wisata air terjun Curup Tenang Bedegung, dalam rangka menarik minat kunjungan wisatawan ke daerah itu.

Infrastruktur pendukung kawasan objek wisata air terjun itu antara lain kamar ganti, area parkir kendaraan, mess, villa, mushalla, arena kuliner khas serta kantin, kata Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pariwisata setempat, Juhartono, di Muaraenim, Jumat.

Dijelaskannya, di lokasi objek wisata itu saat ini sedang dilakukan pembangunan dan perbaikan infrastruktur pendukung, sehingga nantinya diharapkan para pengunjung merasa nyaman dan aman dengan penataan di lokasi wisata tersebut.

"Sekarang ini sebagai penunjang kawasan wisata itu penerangan jalan di 13 titik di malam hari menggunakan listrik tenaga surya. Aspek yang kita jaga di lokasi wisata ini, antara lain kebersihan, parkir kendaraan yang aman dan terjamin bagi pengunjung," katanya.

Menurut dia, awalnya sebelum lokasi wisata ini ditata dan direnovasi kebanyakan pengunjung adalah penduduk lokal datang di pagi hari saja, tetapi sekarang setiap waktu baik menjelang siang maupun pulang saat jelang sore hari, karena merasa aman dan nyaman yang dijaga.

Ia menambahkan, sewa penginapan yang tersedia di lokasi objek wisata air terjun Curup Tenang Bedegung untuk villa perkamar Rp250 ribu per malam, mess atau villa kapasitas lebih dari 10 orang Rp400 ribu per malam dilengkapi dengan alat pendingin ruangan kipas angin.

Objek wisata air terjun Curup Tenang Bedegung merupakan air terjun tertinggi di wilayah Sumatera Selatan. Air terjun dengan ketinggian 99 meter memiliki keindahan dan eksotika alam tersendiri khususnya bagi wisatawan yang menyukai alam terbuka.

Para wisatawan untuk berkunjung ke lokasi objek wisata air terjun Curup Tenang Bedegung dapat dilakukan dengan kendaraan mobil atau sepeda motor dari ibukota Kabupaten Muaraenim hanya berjarak sekitar 45 km atau selama tempuh 45 menit.

Sementara, rencana tahun 2016 pembangunan jalan, perbaikan mess, aula, pelataran parkir dan pembuatan talud sepanjang 85 meter di sekitar air terjun menjadi prioritas.

Selanjutnya, penataan lokasi kuliner lokal agar lebih baik, serta mengedepankan kuliner khas Muaraenim untuk dijajakan kepada para wisatawan nusantara dan mancanegara, katanya.

Sementara, Supriatno (55) pengunjung asal Palembang menilai kawasan wisata air terjun Bedegung ini sangat menarik perhatian, hanya saja fasilitas yang ada di lokasi objek wisata masih kurang menunjang.

Ia membandingkan, objek wisata yang pernah dikunjunginya seperti goa

Jatijajar, pantai Pangadaraan, fasilitasnya sangat baik dan lengkap.

Menurutnya, fasilitas pendukung objek wisata air terjun Bedegung sangat minim dan butuh perhatian penuh dari pemerintah daerah, juga pihak swasta agar memiliki daya tarik, maju dan berkembang serta menjadi salah satu potensi sumber PAD andalan bagi pemkab setempat.

Menurut Liza (42) pengunjung warga Baturaja bahwa meskipun baru pertama kali berkunjung ke wisata air terjun Curup Tenang Bedegung, banyak saran dan kritik, pertama menyoal masih banyak pengunjung yang membuang sampah di sela-sela batu dan sungai di lokasi objek wisata itu sehingga merusak pemandangan.

Ia menyarankan, Pemda Muaraenim harus serius mengelola objek wisata ini, karena mengurus objek wisata yang bisa menjadi icon Kota Muaraenim, jangan hanya setengah hati.