BMKG: Cuaca Sumsel berawan hingga hujan ringan

id bmkg, prakiraan cuaca, cuaca, hujan, sumsel

BMKG: Cuaca Sumsel berawan hingga hujan ringan

Pemandangan Kota Palembang dari ketinggian yang diselimuti mendung dan hujan. (Foto Antarasumsel.com/eny Selly)

....Berdasarkan pemantauan melalui satelit, kondisi cuaca di lima kota berawan, sedangkan 12 kota lainnya berpeluang turun hujan dengan intensitas ringan....
Palembang, (ANTARA Sumsel) - Kondisi cuaca di wilayah Provinsi Sumatera Selatan yang memiliki 17 kabupaten dan kota itu diprakirakan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika berawan hingga berpotensi hujan ringan.

"Berdasarkan pemantauan melalui satelit, kondisi cuaca di lima kota berawan, sedangkan 12 kota lainnya berpeluang turun hujan dengan intensitas ringan," kata Kepala Seksi Data dan Informasi Stasiun Klimatologi Kenten BMKG Sumsel Indra Purnama di Palembang, Selasa. 

Menurut dia, kelima kota yang cuacanya diprakirakan berawan yakni Baturaja, Martapura, Muaradua, Tebingtinggi, dan Prabumulih.

Sedangkan 12 kota lainnya yang diprakirakan berpeluang hujan ringan yakni Palembang, Kayu Agung, Muaraenim, Pali, Lahat, Musirawas, Musirawas Utara, Sekayu, Pangkalanbalai, Indralaya, Pagaralam, dan Lubuklinggau.

Beberapa daerah yang diprakirakan berawan memiliki suhu udara berkisar 21-34 derajat Celsius, kelembapan udaranya berkisar 51-97 persen, kecepatan angin sekitar 20 km/jam dengan arah angin daerah ini seluruhnya menuju timur.

Sedangkan Kota yang diprakirakan hujan ringan memiliki suhu udara berkisar 20-34 derajat Celsius, kelembapan udaranya berkisar 52-98 persen, kecepatan angin sekitar 20 km/jam dengan arah angin daerah ini seluruhnya menuju timur, katanya.

Dia menjelaskan, melihat kondisi cuaca pada November 2015 mulai terdapat banyak hujan, setelah dilanda bencana kabut asap yang cukup panjang sekitar tiga bulan, kini masyarakat yang berada di daerah rawan bencana banjir dan tanah longsor diimbau untuk meningkatkan kewaspadaan menghadapi kemungkinan terjadinya bencana dampak negatif musim hujan itu.

Sejumlah daerah yang cukup sering mengalami bencana banjir dan tanah longsor pada setiap musim hujan seperti Kota Palembang, Pagaralam, Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, OKU Timur, Ogan Ilir, dan Empat Lawang, kata Indra.

Sementara Kepala Dinas Sosial Sumatera Selatan Belman Karmuda menambahkan, menghadapi musim hujan sekarang ini pihaknya menyiagakn 759 sukarelawan Taruna Siaga Bencana (Tagana) untuk membantu masyarakat jika terjadi bencana banjir dan tanah longsor.

"Sukarelawan Tagana yang tersebar di sejumlah daerah dalam provinsi ini, mulai siaga dan melakukan berbagai persiapan untuk membantu masyarakat jika sewaktu-waktu terjadi bencana banjir dan tanah longsor pada musim hujan sekarang ini hingga beberapa bulan ke depan," ujarnya.