Potensi sungai Musi Palembang belum dimanfaatkan optimal

id sungai musi, potensi sungai musi, optimalkan potensi sungai musi

Potensi sungai Musi Palembang belum dimanfaatkan optimal

Aktivitas di Sungai Musi Palembang. (Foto Antarasumsel.com)

...Sungai Musi belum dimanfaatkan optimal bahkan kurang terawat, padahal memiliki potensi yang cukup besar seperti untuk pariwisata, transportasi air, dan kegiatan lainnya...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Potensi Sungai Musi di Kota Palembang, Sumatera Selatan hingga kini belum dimanfaatkan secara optimal oleh pemerintah daerah dan masyarakat setempat.

"Sungai Musi belum dimanfaatkan optimal bahkan kurang terawat, padahal memiliki potensi yang cukup besar seperti untuk pariwisata, transportasi air, dan kegiatan lainnya yang dapat menggerakkan perekonomian daerah," kata salah seorang pengusaha bergerak di bidang perbengkelan dan kemaritiman Rivai Thambrin, di Palembang, Rabu.

Menurut dia, banyak sungai-sungai di dunia dimanfaatkan oleh masyarakat dan pemerintahnya menjadi tempat wisata yang menarik, serta sarana transportasi air untuk aktivitas sehari-hari dan kepentingan bisnis.

Melihat kondisi tersebut, diharapkan pemerintah daerah dengan melibatkan masyarakat yang ada di sepanjang daerah aliran sungai memberikan perhatian lebih besar terhadap potensi Sungai Musi yang selama ini belum digarap dengan baik, katanya.

Dia menjelaskan, Kota Palembang pada 2018 akan menjadi penyelenggara sejumlah kegiatan olahraga Asian Games bersama Ibukota Negara DKI Jakarta, momentum ini sangat tepat dimanfaatkan untuk mengolah potensi Sungai Musi untuk menunjang event besar itu.

Potensi pariwisata berpeluang besar dikembangkan secara optimal, karena peserta dan tamu yang akan mengikuti seluruh rangkaian pesta olahraga negara-negara di kawasan Asia itu juga memerlukan hiburan menikmati objek wisata air serta seni budaya di Kota Palembang.

Objek wisata yang ada di sekitar kawasan Sungai Musi, secara bertahap perlu segera ditata kembali dan ditambah fasilitas pendukungnya.

Selain itu kebersihan sungai juga perlu ditingkatkan dengan rutin menggelar kegiatan program kali bersih yang akhir-akhir ini mulai sering dilakukan Wali Kota Palembang Harnojoyo bersama masyarakat, sehingga Sungai Musi terbebas dari sampah dan limbah yang dapat mencemari air, kata dia pula.

Sementara sebelumnya Ketua DPD Partai Amanat Nasional Palembang Yudi Farola Bram mengatakan masyarakat dan wisatawan nusantara/mancanegara yang berkunjung ke daerah mulai melirik potensi wisata sungai di Bumi Sriwijaya ini, sehingga perlu dilakukan program pembangunan yang dapat menjadikan Sungai Musi lebih menarik.

Sungai yang membelah Kota Palembang menjadi dua wilayah (Seberang Ulu dan Seberang Ilir) selama ini hanya untuk kegiatan transportasi segelintir warga kota dan pelayaran kapal barang ke Pelabuhan Boom Baru dan pelabuhan PT Pusri untuk distribusi pupuk dan PT Pertamina Plaju untuk distribusi bahan bakar minyak, dengan dilakukan berbagai pembenahan dan penambahan fasilitas pendukung bisa dimanfaatkan lebih optimal, kata Yudi yang kini disiapkan menjadi salah satu calon wakil wali kota itu.