Lima negara ikuti Kejuaraan Atletik antarpetugas lapas

id alex noerdin, gubernur sumsel

Lima negara ikuti Kejuaraan Atletik antarpetugas lapas

Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin (Foto Antarasumsel.com/Feny Selly/15/den)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Sebanyak lima negara mengikuti Kejuaraan Atletik antarpetugas lembaga pemasyarakatan (lapas) se-ASEAN ke-19 (APTFC) di Kompleks Olahraga Jakabaring Palembang, Sumatera Selatan, 30 November - 1 Desember 2015.

Kelima negara yang mengikuti ajang dua tahunan itu, Indonesia, Brunai Darussalam, Malaysia, Thailand, dan Singapura.

Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin dalam sambutan pada pembukaan kegiatan yang turut dihadiri Yasonna H Laoly, Senin, mengatakan, kegiatan APTFC ini merupakan momentum yang tepat bagi Sumatera Selatan untuk mempromosikan potensi daerah di bidang olahraga dan pariwisata karena menjadi tuan rumah Asian Games ke-18 tahun 2018.

"Sumsel saat ini sedang berupaya keras menyiapkan diri menjadi tuan rumah Asian Games. Beragam kegiatan diharapkan turut mempromosikan peran Sumsel ini," kata dia.

Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM I Wayan K Dusak mengatakan, kepiawaian para penjaga lapas atau penjara akan diadu dalam perlombaan lari jarak pendek, menengah dan jauh, lompat jauh, lompat tinggi, lompat jangkit, tarik tambang, tolak peluru.

Selain itu ada juga ekshibisi golf.

Pada kejuaraan ini, kontingen Indonesia mengirimkan 43 atlet, Brunai Darussalam 26 atlet, Thailand 70 atlet, Singapura 37 atlet, dan Malaysia 90 atlet.

"Kami berharap kontingen Indonesia menjadi juara umum dengan tetap menjunjung tinggi sportivitas," kata dia.