Pemkab Muaraenim gelar rakor CSR-PKBL

id pemkab, pemkab muaraenim

Pemkab Muaraenim gelar rakor CSR-PKBL

Pemerintah Kabupaten Muara Enim (Antarasumsel.com/Grafis/den)

Muaraenim, Sumsel (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Kabupaten Muaraenim Sumatera Selatan menggelar Rapat Koordinasi Forum Corporate Social Responsibility-Program Kemitraan dan Bina Lingkungan dalam mewujudkan pembangunan di daerah itu.

Rapat koordinasi ini bertujuan untuk menyatukan sinergitas Forum tanggung jawab sosial perusahaan (CSR)-Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) BUMN/BUMS yang ada di Kabupaten Muaraenim dalam mewujudkan pembangunan pemerintah daerah, kata Bupati Muzakir Sai Sohar saat membuka rapat Koordinasi Forum CSR-PKBL BUMN/BUMS, Selasa.

Menurut dia, koordinasi Forum CSR-PKBL BUMN/BUMS dan Pemda bertujuan untuk memproyeksikan bahwa dukungan dunia usaha terhadap pembangunan daerah melalui program CSR PKBL BUMN/BUMS bersinergi dengan target Pemerintah Daerah.

Dikatakan bupati, program CSR merupakan kepedulian dan tanggung jawab sosial dunia usaha terhadap masyarakat dan lingkungan dimana mereka melakukan kegiatan usaha.

Ia mencontohkan, bentuk kegiatan program CSR tersebut tentunya dapat menyentuh serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan perbaikan lingkungan usaha.

"Salah satu program nyata dan berdampak pada peningkatan sumber daya manusia (SDM) pemberian beasiswa untuk anak tidak mampu, pemberian dana pemeliharaan fasilitas umum, sumbangan untuk desa/fasilitas masyarakat bersifat sosial dan berguna untuk masyarakat banyak" katanya.

Dikatakannya, untuk tahun 2015 realisasi dan serapan pelaksanaan pembangunan daerah melalui dana program CSR-PKBL mencapai Rp78,9 miliar dari target Rp120 miliar.

Ia berharap, BUMN/BUMS yang belum menyampaikan laporannya dapat segera dilaksanakan sebagai bahan evaluasi lebih lanjut.

Ketua Umum Forum CSR - PKBL Muaraenim, Maizal Gazali melalui GM UPTE PTBA, Wibisono, dari pelaksanaan rekapitulasi hasil evaluasi pelaporan kegiatan yang diterima sekretariat Forum CSR-PKBL Kabupaten Muaraenim menunjukan dukungan dunia usaha terhadap pembangunan daerah melalui program CSR-PKBL sangat baik.

Dari data tahun 2015 tercatat 455 realisasi kegiatan program telah dilakukan oleh 18 perusahaan dengan menggelontorkan anggaran program CSR-PKBL mencapai Rp78,9 miliar.

Ia berharap, Pemkab Muaraenim tahun 2016 menawarkan program kegiatan hasil Musrenbang tahun 2015 yang tidak dapat dibiayai oleh APBD kabupaten setempat, untuk dapat diserap sebagian CSR-PKBL BUMN/BUMS sesuai wilayah binaan.