Hendra sementara raih suara terbanyak pilkada Musirawas

id pemilu, pilkada musirawas, pilkada sumsel, pilkada serentak, pemilukada, kpu, rekapitulasi penghitungan suara,

Hendra sementara raih suara terbanyak pilkada Musirawas

Ilustrasi - Suasana penghitungan suara Pemilu (Foto Antarasumsel.com/Yudi Abdullah)

Musirawas, (ANTARA Sumsel) - Berdasarkan rekapitulasi hasil penghitungan suara Pilkada tingkat kecamatan se-Kabupaten Musirawas, Selasa (15/12), pasangan Hendra Gunawan sementara meraih suara terbanyak dari dua calon bupati lainnya.

Berdasarkan data sementara dihimpun, Rabu menyebutkan pasangan calon Bupati Hendra Gunawan-Hj Suwarti meraih 83.236 suara (45,06 persen), disusul pasangan calon Ratna Mahmud-Zabur Nawawi 81.196 suara (42,9 persen) dan pasangan calon Zulkarnain Hasan-Ratnawati Ibnu Amin mengantongi 20.281 suara (10,981 persen).

Sementara, informasi dari petugas Panwascam Muara Beliti menyebutkan rapat pleno rekapitulasi tingkat kecamatan digelar tidak serentak, mengingat jadwal tahapannya dimulai pada 10 - 15 Desember 2015.

Ia menyebutkan, hasil rekapitulasi tingkat PPK pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Musirawas Hj Ratna Mahmud Amin-Zabur Nawawi unggul di delapan kecamatan, yakni di Kecamatan Muara Lakitan, Muara Kelingi, Muara Beliti, Tiang Pumpung Kepungut, Tuah Negeri, Purwodadi, Jayaloka, dan Suka Karya.

Sedangkan pasangan calon, Hendra Gunawan-Hj Suwarti unggul pada lima kecamatan, yakni Kecamatan Megang Sakti, Tugumulyo, BTS Ulu, STL Ulu Terawas dan Selangit.

Sementara pasangan calon, Zulkarnain Hasan-Hj Ratnawati belum bisa menguasai satu daerah pun dari 14 kecamatan se-Kabupaten Musirawas.

Meskipun pasangan calon Hj Ratna Mahmud-Zabur Nawawi unggul di delapan kecamatan, namun tidak mampu mengejar ketinggalan suara cukup telak dari pasangan calon Hendra Gunawan-Hj Suwarti.

Dalam proses rekapitulasi di beberapa kecamatan sempat ditunda, lantaran ada beberapa masalah teknis, kondisi itu membuat banyak isu adanya indikasi kecurangan, namun pelaksanaan rekapitulasi di tingkat kecamatan berjalan dengan kondusif.

Sementara rekapitulasi dua kecamatan yaitu Kecamatan Muara Kelingi dan Muara Beliti sempat terjadi kesalahpahaman antara PPK dan saksi pasangan calon bupati beserta Panwascam terkait hasil rekapitulasi, sehingga terjadi pengamanan ketat.

"Awalnya kami merekomendasikan PPK rekapitulasi ditunda dulu, untuk memperbaiki ada beberapa desa terjadi perbedaan suara, namun penghitungan suara tetap dilanjutkan," ujarnya.

Setelah difasilitasi Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Musirawas dan jaminan keamanan dari Kapolres Musirawas, akhirnya pleno tetap dilanjutkan.

Hari ini rencananya akan digelar Pleno tingkat KPU dan hasilnya masih menunggu keputusan yang disetujui dan disahkan KPU, ujarnya.