PPKG desak Pemkab Muaraenim bentuk DOB Gelumbang

id pemkab, pemkab muaraenim

PPKG desak Pemkab Muaraenim bentuk DOB Gelumbang

Pemerintah Kabupaten Muara Enim (Antarasumsel.com/Grafis/den)

Muaraenim, Sumsel (ANTARA Sumsel) - Presidium Pemekaran Kabupaten Gelumbang (PPKG) mendesak Pemerintah Kabupaten Muaraenim Sumatera Selatan untuk membentuk daerah otonomi baru dengan calon ibukota kabupaten di Kecamatan Gelumbang.

Presidium Pemekaran Kabupaten Gelumbang (PPKG) telah mendesak Pemerintah Kabupaten Muaraenim untuk segera mewujudkan aspirasi dari 6 Kecamatan yakni Kecamatan Gelumbang, Lembak, Sungai Rotan, Muara Belida, Kelekar, dan Belida Darat bisa menjadi daerah otonomi baru (DOB), yakni Kabupaten Gelumbang, kata Ketua Dewan Penasihat PPKG, Hanan Zulkarnain di Muaraenim, Minggu.
     
Menurut dia, keinginan PPKG membentuk DOB, karena potensi Kecamatan Gelumbang tidak jauh berbeda dengan Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (Pali).

Keinginan PPKG untuk menjadikan Gelumbang sebagai daerah otinomi baru sangat rasional dan memenuhi persyaratan. Potensi serta sumberdaya alam dan mineral daerah gelumbang menyerupai dengan potensi Kabupaten Pali, kata Hanan yang juga mantan Wakil Bupati Muaraenim ini.

Sementara Ketua PPKG, Rani Kodim ketika ditemui di Desa Putak Kecamatan Gelumbang menyatakan mengapresiasi atas dukungan Pemkab Muaraenim yang telah memberikan referensi Kabupaten Pali sebagai bahan bagi pihak Universitas Sriwijaya (Unsri) untuk menerbitkan kajian Akademisi Kabupaten Gelumbang.

Mantan Kepala Desa Putak ini menilai, keinginan PPKG membentuk DOB dengan ibukota kabupaten di Kecamatan Gelumbang itu cukup beralasan, karena ditinjau dari segi wilayah, sumber daya manusia, sumber daya alam dan lainnnya sudah memenuhi persyaratan.

Di samping itu, menurut Rani Kodim yang juga pensiunan pegawai Kejaksaan ini bahwa hal lebih penting lagi untuk memudahkan masyarakat berurusan dengan pemerintahan, karena selama ini letak Kabupaten Muaraenim cukup jauh hampir 150 km jaraknya dari Gelumbang.

Sementara, menyikapi hal ini Wakil Bupati Nurul Aman optimis aspirasi masyarakat Muaraenim di daerah pemilihan (dapil) III yang berkeinginan untuk menjadi DOB Gelumbang akan berhasil.

Ia menyatakan, memberikan apresiasinya kepada masyarakat dapil III dan siap memberikan bahan kajian akademik Kabupaten Pali guna dijadikan rujukan pihak akademisi Unsri dalam menerbitkan kajian kelayakan calon Kabupaten Gelumbang dengan surat perihal Kajian Akademik Pembentukan Kabupaten Gelumbang Nomor :135/0979/1/2015.

Sekertaris Daerah Pemkab Muaraenim, Hasanudin menyambut baik aspirasi masyarakat Gelumbang karena penilaiannya sangat layak untuk dimekarkan dan itu memenuhi syarat.

"Kita intinya menyambut baik aspirasi masyarakat Gelumbang ini," katanya.