Ribuan wisatawan padati objek wisata Air Terjun

id air terjun, objek wisata

Ribuan wisatawan padati objek wisata Air Terjun

Wisatawan kunjungi kawasan wisata air terjun Bedegung di Kabupaten Muaraenim Sumsel (Foto antarasumsel.com/Banu S)

Muaraenim, Sumsel (ANTARA Sumsel) - Ribuan wisatawan lokal berdesakan mendatangi lokasi objek wisata air terjun Bedegung di Kecamatan Tanjung Agung Kabupaten Muaraenim Sumatera Selatan, Jumat.

Pantauan Antara di lapangan antrian kendaraan mobil dan sepeda motor milik para wisatawan memadati lokasi parkir jalur masuk melintasi anak tangga ke lokasi air terjun bedegung liburan awal tahun baru 2016.

Dari lokasi masuk para panitia Unit Pelaksana Teknis Dinas Pariwisata air terjung dan arung jeram Bedegung menyapa santu per satu para pengunjung yang memasuki lokasi wisata.

Dengan ramah para panitia tak segan mereka juga mengantar wisatawan yang belum mengetahui denah lokasi air terjun Bedegung sembari memberikan penjelasan.

Seperti diungkapkan Anna (35), wisatawan lokak asal Kota Palembang. Kedatanganya mengunjungi objek wisata air terjun Bedegung bersama keluarga untuk berlibur dan berwisata alam.

Diungkapkannya, jika informasi tentang objek wisata air terjun Bedegung ini diketahuinya dari media sosial juga teman sejawatnya.

Diakuinya, lokasi objek wisata ini sangat menarik, serta sudah tertata cukup baik mulai dari pintu masuk ke lokasi terlihat anggota polisi berjaga untuk memberikan pengamanan serta menunjukan arah jalan masuk.

Nirwana (30) wisatawan asal Tanah Abang Musirawas menambahkan setiap tahunya bersama keluarga dirinya mengunjungi objek wisata air terjun bedegung.

Menurut dia, sekarang lokasi objek wisata air terjun Bedegung sudah semakin tertata rapih.

"Sebelumnya kita sulit untuk mencapai lokasi air terjun Bedegung, karena jalanya licin menanjak," katanya.

Sekarang, kata dia, setelah dibuat anak tangga jalan menuju lokasi air terjun lebih mudah, hanya sedikit perlu penambahan di titik anak tangga naik dan turun harus ditempatkan petugas medis dan pengamanan.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Parawisata (Disporabudpar) Kabupaten Muaraenim, Febriansyah Nang Ali melalui Kepala Unit Teknis Dinas(UPTD) Disporabudpar Kecamatan Tanjung Agung, Juhartono menambahkan jika memasuki liburan awal pergantian tahun jumlah kunjungan wisatawan ke lokasi objek wisata air terjun Bedegung meningkat tajam.

Ditegaskan Juhartono, peningkatan kunjungan wisata ini telah diprediksi setiap tahunnya.

Untuk itu beberapa fasilitas objek wisata seperti tempat parkir mobil dan motor, gazebo untuk istirahat pengunjung, musholla, toilet hingga mes untuk penginapan telah dilengkapi, kata Juhartono.

Tak hanya itu, untuk tim pendukung pelaksana di lapangan dari bagian juru parkir, keamanan mereka telah terlatih untuk melayani wisatawan dengan sapa, senyum dan ramah agar wisatawan nyaman, aman dan bisa menikmati liburan di lokasi objek wisata air terjun Bedegung.

Sementara, untuk peningkatan pengunjung belum bisa dilihat secara persentase, karena masih ada dua hari libur yaitu Sabtu dan Minggu.

Secara signifikan peningkatan pengunjung pasti ada, karena wisatawan yang berkunjung ke lokasi wisata air terjun Bedegung kebanyakan dari luar kota juga wisatawan lokal, katanya.