Pertumbuhan ekonomi Sumsel 2016 ditargetkan 6, 25 persen

id ekonomi sumsel, pertumbuhan ekonomi, kepala bappeda, ekowati retnaninggsih, pembangunan, infrastruktur

Pertumbuhan ekonomi Sumsel 2016 ditargetkan 6, 25 persen

Proyek pembangunan jalan tol Trans Sumatera ruas Palembang-Indralaya (Palindra) di Desa Ibul Besar, Ogan Ilir (OI), Indralaya, Sumsel. (Foto Antarasumsel.com/Nova Wahyudi/15/den)

Palembang, (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan menargetkan pertumbuhan ekonomi pada 2016 mencapai 6,25 persen karena potensi daerah ini cukup besar.

Kepala Bappeda Sumsel Dr Ekowati Retnasingsih di Palembang, Kamis, mengatakan target pertumbuhan ekonomi itu selaras proyeksi Bank Indonesia.

Bank Indonesia memprediksi pertumbuhan ekonomi daerah ini berkisar 5,6-6,3 persen, kata dia.

Jadi pertumbuhan ekonomi tersebut sesuai dengan prediksi Bank Indonesia, ujar dia.

Lebih lanjut dia mengatakan, target pertumbuhan ekonomi itu memang optimistis dapat tercapai karena faktor pendukung cukup banyak.

Sumsel pada 2016 ini terus mengoptimalkan pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus di Pelabuhan Tanjung Api-Api, Kabupaten Banyuasin, kata dia.

Menurut dia, berbagai pembangunan infrastruktur terus dimaksimalkan supaya pertumbuhan ekonomi terus berkembang.

Begitu juga akan dimulainya pembangunan Tanjung Carat di kawasan Tanjung Api-Api sehingga perekonomian akan semakin maju, kata dia.

Sehubungan itu pihaknya menargetkan pertumbuhan ekonomi sebesar itu karena disesuaikan dengan pembangunan yang dilaksanakan, ujar dia.

Sebelumnya Gubernur Sumsel H Alex Noerdin mengatakan, program perioritas pada 2016 antara lain pembangunan infrastruktur dan energi serta pengembangan wilayah.

Bahkan sekarang sedang dibangun jalur kereta api ringan atau Light Rail Transif serta Jembatan Musi IV dan VI yang kesemuanya untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, tambah dia.