Sumsel promosi wisata melalui Gerhana Matahari

id gerhana, gerhana matahari total

Sumsel promosi wisata melalui Gerhana Matahari

Tim dari Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer - Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) melakukan pengukuran matahari di atas Jembatan Ampera Palembang,Sumsel, Selasa. Pengukuran tersebut untuk pengamatan fenomena Gerhana Matahari Total aka

Palembang (ANTARA Sumsel) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Selatan akan melakukan promosi wisata melalui Gerhana Matahari total yang dapat disaksikan dari beberapa kabupaten dan kota di provinsi tersebut pada 9 Maret 2016.

"Tim hari ini mulai berangkat ke Bali melakukan promosi wisata Gerhana Matahari total ini, " kata pelaksana tugas Dinas Kebudayan dan Pariwisata Sumsel, Irene Camelyn Sinaga dijumpai di sela aktivitas pengukuran matahari di Jembatan Ampera Palembang, Selasa.

Dikemukakannya, promosi wisata ini juga dibantu beberapa agen perjalanan yang akan mengantarkan wisatawan menuju tujuan tontonan Gerhana Matahari total.

Ia menjelaskan, bebrapa lokasi di Palembang seperti Jakabaring, Bukit Siguntang, Sungai Gantung Plaju, terutama Jembatan Ampera akan dikondisikan untuk menyaksikan fenomena alam yang terjadi beberapa puluh tahun sekali ini.

Dinas Perhubungan setempat rencananya menutup sebagian jalur Jembatan Ampera selama 12 jam, mulai dari pukul 00.00 WIB hingga Pukul 12.00 WIB.

"Beruntung pada pelaksanaan adalah hari libur nasional ini memudahkan kami untuk melakukn penutupan jalan," katanya.

Menurut dia, di atas Jembatan Ampera akan digelar semacam pasar kuliner dari pangkal hingga ujung jembatan.

Tidak hanya di Palembang, beberapa daerah lain yang potensial seperti kawasan Upang Sungsang di Kabupaten Banyuasin, Kota Lubuklinggau, Kota Prabumulih dan Sekayu-Sungai Lilin- Babat Toman di Kabupaten Musi Banyuasin.

"Target kami jelas ribuan wisatawan, kita sudah lihat dari jumlah pemesanan kamar di berbagai hotel, " papar dia.

Dikemukakannya, menjelang fenomena alam tersebut tim dari pusat Sains dan Teknologi Atmosfer - Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) melakukan pengukuran naiknya matahari di Jembatan Ampera Palembang.

"Kami di sini melakukan pengukuran sekian derajat ketinggian untuk pengamatan pada saat terjadinya Gerhana Total nanti, " ungkap perwakilan tim, Saipullah usai mengamati lokasi.

Ia memaparkan, Gerhana Matahari total sendiri terjadi terakhir kali pada tahun 1988.

"Namun Gerhana Matahari total seperti yang akan terjadi pada Maret mendatang kurang lebih terjadi dalam kurun 100 tahun sekali, ujarnya.

Gerhana akan dimulai pada saat matahari mulai naik antara pukul 06.00-06.20 Wib dan mencapai fase puncaknya sekitar pukul 07.20 Wib.

"Fase puncak saat matahari mulai tertutup akan berlangsung dalam kurun waktu satu menit 29 detik," jelas dia.

Sementara, kata dia, pengukuran sendiri tidak berlangsung optimal karena kondiai cuaca yang mendung dan hujan.