Disbudpar Palembang gelar festival lagu daerah

id dibudpar palembang, dinas budaya pariwisata palembang, kesenian, lagu daerah, seni

Disbudpar Palembang gelar festival lagu daerah

Ilustrasi (Foto Antarasumsel.com/Arina Suwanto)

Palembang, (ANTARA Sumsel) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Palembang, Sumatera Selatan, akan menggelar festival lagu daerah sebagai salah satu upaya untuk melestarikan seni dan budaya lokal.

Festival lagu daerah yang direncanakan digelar pada Mei 2016, saat ini mulai dipromosikan kepada masyarakat sehingga dapat menjaring banyak peserta, kata Kepala Bidang Pengembangan Kebudayaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Palembang Lisa Surya Andika, di Palembang, Kamis.

Untuk mempromosikan dan menyemarakkan festival lagu daerah itu, pihaknya menjalin kerja sama dengan sejumlah media massa cetak dan elektronik, katanya.

Dia menjelaskan, festival lagu daerah menjadi salah satu agenda rutin Disbudpar Palembang, untuk memotivasi masyarakat terutama kalangan muda meningkatkan kecintaan terhadap lagu-lagu daerah.

Dengan digelarnya festival, masyarakat berlomba-lomba memanfaatkan kesempatan itu meningkatkan pengetahuan dan kemampuan menyanyikan lagu daerah dengan baik agar bisa menjadi juara dalam festival tersebut.

Masyarakat yang akan mengikuti festival lagu daerah, bisa mulai mempersiapkan diri mencari lagu-lagu daerah yang cocok untuk karakter suaranya dan melakukan latihan sehingga pada saatnya bisa tampil memukau tim juri dan penonton. 

Selain untuk melestarikan seni budaya daerah, festival tersebut digelar untuk menyemarakkan Hari Ulang Tahun ke-1333 Kota Palembang yang diperingati setiap 17 Juni, kata dia pula.